Sukses

Intip, Proses Transplantasi Rambut yang Dijalani Anang Hermansyah

Ahli jelaskan proses transplantasi rambut Anang Hermansyah.

Liputan6.com, Jakarta Musisi Anang Hermansyah menjalani serangkaian prosedur transplantasi rambut di Istanbul, Turki.

Melalui unggahan akun Instagram pribadinya, ia melakukan transplantasi rambut di salah satu Klinik Transplantasi Rambut, Now Hair Time.

Ahli tranplantasi rambut dari Now Hair Time--tak disebut nama--yang menangani Anang menjelaskan, bagian depan rambut akan ditanamkan dengan metode FUE.

Metode FUE yakni mencabut folikel-folikel rambut satu persatu secara manual dari area yang lebat menggunakan peralatan khusus. Folikel-folikel ini kemudian ditanam kembali ke dalam kulit di daerah yang mengalami kebotakan.

"Bagian atas rambut akan ditanamkan dengan metode DHI. Jadi, akan dilebatkan nanti rambutnya. Tentunya, sebelumnya harus botak dulu, baru akan ditanamkan rambut," jelas ahli dari Now Hair Time melalui penerjemah dalam unggahan akun YouTube The Hermansyah A6, Rabu (5/1/2022).

Metode DHI, yaitu rambut pasien akan diambil dan ditanamkan kembali ke area yang botak.

Berbeda dengan FUE, DHI menggunakan Choi Implanter Pen. Alat ini memungkinkan dokter menanam rambut lebih akurat karena dapat mengatur sudut dan kedalaman yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengambilan Akar Rambut dengan Metode Painless

Teknik pengambilan akar rambut di bagian belakang untuk ditanamkan ke area yang botak, lanjut ahli dari Now Hair Time, menggunakan suntik painless (tanpa rasa sakit/nyeri).

Pada bagian belakang rambut, dibantu suntik painless, sehingga membantu 80 persen tidak terasa sakit.

Namun, bagian depan kepala tidak bisa menggunakan metode tersebut. Sakit yang terasa ibarat 7 kali disuntik.

"Untuk pengambilan akar rambut tidak akan sakit. Soalnya, nanti dibantu dengan metode painless. Tapi yang bagian depan akan sakit, ya cuma 5 menit sakitnya. Setelah itu, sakitnya enggak terasa," terang sang ahli.

"Sakitnya hanya 5 menit, sedikit saja, jadi enggak lama. Lama-lama enggak terasa sakit apa-apa lagi. Jadi, kebal."

3 dari 4 halaman

Proses Tanam Rambut

Ahli transplantasi rambut yang menangani Anang Hermansyah menambahkan soal proses tanam rambut. Bagian atas atau tengah kepala, sebenarnya boleh dicukur atau tidak dicukur. Namun, pada bagian belakang yang pengambilan akar rambut wajib dicukur habis.

"Kalau Mas Anang di atasnya enggak mau botak, ya enggak masalah. Tapi bagian donor tanam rambut belakang wajib botak, karena akarnya diambil," tambahnya melalui penerjemah.

"Kalau bagian atas kan ditanam, dicukur boleh, enggak dicukur juga boleh. Pencucian di sini (Now Hair Time), sedangkan operasi (transplantasi) harus di rumah sakit."

Setelah operasi, kepala Anang diperban selama sehari semalam. Setelah dioperasi, dokter akan menjelaskan seluruh hal-hal yang dibutuhkan, seperti posisi tidur dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Infografis Fenomena Operasi Plastik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.