Sukses

4 Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Pandemi COVID-19 Ala Pakar

Berikut empat cara menjaga kesehatan kulit selama pandemi menurut dokter spesialis kulit

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi COVID-19, mencuci tangan dan memakai masker merupakan sebagian dari protokol kesehatan yang wajib diterapkan guna mencegah penularan virus Corona SARS-CoV-2. 

Tapi, terlalu sering mencuci tangan pun dapat menimbulkan masalah kulit, seperti kulit tangan menjadi lebih kering. Selain itu, penggunaan masker pun terkadang memicu pertumbuhan jerawat dan belang pada kulit wajah. 

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit selama pandemi?

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan kulit oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Bamed Bintaro, dr. Mohammad Yoga A. W. SpDV.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gunakan Pelembab

Setelah mencuci tangan selama minimal 20 detik, jangan lupa untuk membilasnya dengan lembut, keringkan dan oleskan pelembap sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa mengaplikasikan pelembap lebih banyak jika tangan masih terasa kering setelah sekitar satu menit.

Namun bila tidak ada sabun, dokter Yoga mengimbau Anda untuk menggunakan hand sanitizer dan pelembap setelahnya.

3 dari 6 halaman

2. Mengganti Masker yang Kotor

Untuk menghindari kulit berjerawat akibat penggunaan masker, pastikan tidak menggunakan masker yang sama berulang kali. Ganti masker jika sudah lembap, basah, atau kotor. 

Pastikan untuk menyediakan beberapa masker tambahan sebagai cadangan saat beraktivitas di luar rumah.

Hindari menggunakan masker yang terlalu kencang, sebaiknya pakai masker yang berukuran pas di wajah.

 

4 dari 6 halaman

3. Menggunakan Pelembap Wajah dan Tabir Surya Sebelum Masker

Selain itu, gunakan pelembap dan tabir surya saat memakai masker.

Jurnal dari National Health Service menyarankan untuk memakai pelembap 30 menit sebelum memakai masker agar kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit. 

"Hindari juga penggunaan kosmetik yang terlalu tebal, dan jangan lupa juga untuk membersihkan wajah dengan sabun wajah setelah memakai masker seharian di luar rumah," ucap dokter Yoga.

5 dari 6 halaman

4. Pola Hidup Sehat

Menggunakan perlindungan eksternal saja tidaklah cukup. Tubuh juga perlu perlindungan dari dalam dengan menerapkan pola makan sehat.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah, sayur, dan suplemen yang mengandung antioksidan seperti Astaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Jangan lupa juga untuk mendapatkan tidur yang cukup, setidaknya delapan jam per hari. Karena kurang tidur dapat menyebabkan kulit kusam.

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.