Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Cara untuk Bantu Tingkatkan Kemampuan Bercinta dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Meski telah bertahun-tahun bersama atau mungkin baru saja memasuki bahtera rumah tangga, ruang untuk perbaikan akan selalu ada. Hal tersebut pun juga berlaku dalam ranah hubungan seksual, lho.

Saat Anda merasa kemampuan diri di ranjang belum cukup atau ingin meningkatkan kesenangan bagi suami atau istri, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Beberapa diantaranya pun dinilai begitu sederhana.

Melansir Insider, ada 5 cara yang bisa bantu tingkatkan kemampuan Anda dalam bercinta. Berikut diantaranya.

1. Olah ketidakpercayaan diri

"Walaupun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, memiliki rasa kepercayaan diri dapat membuat Anda menjadi sosok yang lebih baik," ujar psikolog klinis sekaligus terapis seks, Nazanin Moali.

"Banyak orang terlalu memikirkan bagaimana orang lain melihat diri kita, dan itu dapat membuat Anda tidak dapat benar-benar menikmati momen bersama pasangan," tambahnya.

Penting untuk memiliki kesadaran yang utuh, karena memiliki rasa ketidakpercayaan diri termasuk dalam hal seks bisa membuat gairah menurun dan mengalihkan perhatian.

2. Bangun chemistry

Nazanin mengungkapkan bahwa sebagian orang berpikir bahwa foreplay hanya sebagai tindakan fisik yang dilakukan beberapa menit sebelum berhubungan seks. Padahal foreplay sebenarnya bisa dimulai jauh sebelum sesi untuk berhubungan seks berlangsung.

"Lihatlah foreplay sebagai sesuatu yang dapat dimulai beberapa jam sebelumnya, bahkan jika itu hanya untuk menumbuhkan sisi emosionalnya," ujar Nazanin.

"Anda dapat memberikan sentuhan sugestif sepanjang hari, memberikan catatan atau surat kecil, dan membangun suasana yang hangat dan manis sejak pagi," tambahnya.

2 dari 3 halaman

3. Temukan apa yang disukai

Setiap orang tentu berbeda, juga dalam hal preferensi seksual dan tindakan-tindakan apa saja yang dapat memberikan pasangan kenikmatan. Maka, tanyakanlah itu pada pasangan untuk mengetahuinya.

"Tidak ada satu cara yang paling tepat untuk menyentuh atau menyenangkan pasangan. Anda harus mempelajarinya sendiri dari pasangan Anda dan apa yang ia pilih untuk ungkapkan pada Anda," kata terapis seks, Indigo Stray Conger.

Tak hanya itu, fokus untuk menyenangkan pasangan bukan berarti Anda melupakan kesenangan diri sendiri. Fokuslah juga pada apa yang Anda sukai saat berhubungan seks.

"Bagi kebanyakan orang, salah satu gairah terbesar adalah ketika pasangan mereka terangsang dan merasakan gairah yang hebat. Energi semacam itu akan mengalir dengan sendirinya," kata Indigo.

"Pastikan jalur komunikasi tetap terbuka dan pastikan Anda berdua merasa nyaman saat berhubungan seks," tambahnya.

4. Jangan terburu-buru

Dalam hal foreplay, luangkanlah waktu Anda lebih lama untuk melakukannya. Nazanin mengungkapkan, banyak pasangan merasakan manfaatnya saat memperlambat sesi foreplay. Nikmatilah setiap sentuhan dan habiskanlah cukup banyak waktu untuk membangun gairah.

"Semakin Anda berdua terangsang, maka akan semakin baik. Tujuannya adalah untuk menyenangkan satu sama lain dan menikmati seks, bukan untuk terburu-buru melaluinya," kata Nazanin.

5. Manfaatkan isyarat verbal dan nonverbal

Banyak komunikasi sebenarnya terbangun selama berhubungan seks, bahkan tanpa kata-kata yang diucapkan. Menurut Nazanin, daripada berfokus pada seperti apa konsep "seharusnya" dalam seks, akan lebih baik jika Anda benar-benar menikmati apa yang ada di depan.

"Misalnya, mendengarkan desahan pasangan dan melihat bagaimana tubuhnya bereaksi dari setiap sentuhan yang Anda lakukan. Itu dapat membantu Anda memahami apa yang ia sukai dan tidak," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis