Sukses

5 Kemungkinan Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah Dalam Waktu Lama

Bagi sebagian orang, memiliki bibir kering dan pecah-pecah bukanlah sesuatu yang menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Meskipun ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, mengetahui akar dari penyebab bibir selalu dalam kondisi tersebut tak kalah pentingnya, lho.

"Bibir super kering itu bisa disebabkan oleh faktor biasa seperti kebiasaan menjilat bibir atau makan makanan asin. Namun juga bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan lainnya," ujar dokter spesialis kulit Doris Day, MD, FAAD dikutip Women's Health, Kamis (11/11/2021).

Terlebih, bibir secara alami memang tidak memiliki kelenjar minyak. Itulah mengapa sulit bagi bibir untuk mempertahankan kelembaban alaminya. Bibir pun tidak memiliki elemen penjaga pada lapisan luar kulit agar selalu terlindungi dan terhidrasi.

"Tidak seperti bagian kulit lainnya, area bibir itu tidak memiliki stratum korneum atau lapisan atas kulit. Itu seperti penghalang yang digunakan untuk melindungi kulit saat kering," ujar dokter spesialis kulit Adam Friedman, MD, FAAD.

Artinya, sebelum Anda meyakinkan diri sendiri bahwa ada kondisi medis tertentu yang terjadi, ingatlah dulu bahwa bibir secara alami memang lebih sensitif dari bagian kulit lainnya. Kekeringan atau pengelupasan pun kemungkinan dapat diatasi oleh bantuan pelembab bibir.

Lalu, apa-apa saja yang menjadi penyebab bibir lebih mudah kering? Berikut penjelasannya.

1. Makanan asin dan pedas

Makanan yang mengandung asin dan pedas bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering, pecah-pecah, hingga mengelupas. Kandungan garam pada makanan asin dinilai dapat menimbulkan iritasi pada lapisan kulit bibir.

"Garam menahan air, sehingga bisa menyerap air dari bibir dan mengeringkannya. Pemicu lainnya juga bisa dari makanan pedas, karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan bibir lebih mudah kering," ujar Doris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menjilat bibir

Terkadang, seseorang menjilat area bibir saat sedang terasa kering dengan maksud melembabkannya. Padahal, kebiasaan satu ini justru dapat menyebabkan bibir menjadi lebih kering lho.

"Air liur terdiri dari enzim yang dimaksudkan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Jadi dengan menjilat bibir menggunakan air liur, kelembaban alami bibir pun bisa menghilang," kata Adam.

3. Kekurangan vitamin

"Kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, berwarna kemerahan. Kondisi inipun biasanya disertai dengan ruam sekitar bibir," ujar Adam.

Adam mengungkapkan bahwa biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk dapat menentukan vitamin apa yang belum tercukupi bagi tubuh.

3 dari 4 halaman

4. Paparan sinar matahari

"Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, karena sinar ultraviolet (UV) memang dapat membuat kulit menjadi kering. Apalagi bibir memang secara alami sudah lebih kering dari bagian kulit lainnya," kata Doris.

Terlebih, peradangan akibat sinar matahari berlebih dapat membuat bibir mengelupas kembali saat sel-sel kulit mulai tumbuh. Terkait hal ini, Anda pun bisa menggunakan pelembab bibir dengan kandungan SPF (sun protection factor) didalamnya.

5. Obat

Beberapa obat-obatan dinilai dapat dengan mudahnya membuat bibir kering dan mengelupas. Adam mengungkapkan bahwa biasanya bibir kering menjadi keluhan umum pada orang-orang yang sedang menggunakan oabt jerawat.

"Gunakanlah pelembab bibir lebih sering dan tanyakan lagi pada dokter apakah obat yang sedang digunakan benar-benar dapat membuat bibir kering atau tidak," kata Adam.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.