Sukses

Punya Masalah Lidah Putih, Gunakan 4 Bahan Alami Ini untuk Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Hingga kini tidak sedikit orang yang masih mengabaikan kesehatan mulut bahkan gigi. Padahal, menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan hal yang penting.

Membiarkan kondisi mulut kotor dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya noda putih yang ada di lidah.

Perubahan warna ini terjadi akibat bakteri, jamur, kotoran, makanan, dan sel mati yang terjebak di antara benjolan kecil lidah (papila) yang membesar.

Walaupun tidak berbahaya, lidah putih bisa menandakan kondisi yang lebih serius seperti infeksi atau gejala kanker.

Namun, dilansir dari Medical News Today, lidah putih ternyata dapat dibersihkan dengan 4 bahan alami berikut ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengonsumsi Probiotik

Ketidakseimbangan bakteri sehat di usus dapat jadi penyebab sariawan di mulut dan lapisan lidah berwarna putih. Dengan mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri sehat di usus.

Selain itu, probiotik juga dapat mengobati kondisi kesehatan yang berhubungan dengan jamur candida penyebab oral thrush atau sariawan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik bermanfaat untuk kesehatan mulut karena dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang tidak diinginkan seperti jadi penyebab lidah berwarna putih. Dan mencegah radang serta pertumbuhan bakteri di lidah.

3 dari 5 halaman

2. Mengonsumsi Jus Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, anti-jamur dan anti-radang. Sehingga dapat menyembuhkan infeksi, luka, luka bakar, dan iritasi kulit.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung enzim yang membantu mengangkat sel-sel mati dan membantu regenerasi jaringan kulit.

Satu sendok makan jus lidah buaya yang Anda konsumsi dua sampai tiga kali sehari dapat membantu menghilangkan penyebab lapisan putih di lidah.

4 dari 5 halaman

3. Mengonsumsi Bawang Putih

Kandungan antijamur pada bawang putih membuatnya menjadi pengobatan alami yang efektif untuk mengatasi penyebab lidah putih.

Penelitian menunjukkan bahwa allicin, salah satu senyawa aktif dalam bawang putih. Senyawa ini menunjukkan efek antijamur dan dapat mengobati infeksi jamur, termasuk yang terdapat pada mulut.

Untuk mengobati lidah putih, terutama karena sariawan atau pertumbuhan bakteri berlebihan, ambil satu siung bawang putih mentah per hari untuk dikonsumsi atau gunakan suplemen bawang putih mentah organik.

5 dari 5 halaman

4. Menggunakan Baking Soda

Baking soda mampu menghilangkan sisa-sisa makanan yang jadi penyebab lidah putih dan menjaga kadar pH di mulut dengan menetralisir asam.

Ditambah lagi, penelitian menunjukkan bahwa baking soda, atau sodium bikarbonat, memiliki aktivitas penghambatan terhadap Streptococcus mutans dalam air liur dan plak.

Baking soda mampu menyebabkan penurunan jumlah sel bakteri di mulut secara signifikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dows Institute for Dental Research di University of Iowa College of Dentistry.

Anda cukup mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan jus lemon hingga bertekstur seperti pasta. Kemudian tambahkan campuran tersebut ke sikat gigi Anda, dan sikat lidah dan mulut Anda.

 

Reporter: Lianna Leticia