Sukses

Kota Bandung Masuk Kategori PPKM Level 2

Ada 52 kelurahan di Kota Bandung yang masih terdapat konfirmasi aktif COVID-19.

Liputan6.com, Bandung - A Pemerintah Kota Bandung menyatakan saat ini 99 dari 151 kelurahan diklaim telah terbebas dari COVID-19. Namun, ada 52 kelurahan yang masih terdapat konfirmasi aktif COVID-19.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip, dampak dari kondisi itu yakni Kota Bandung masuk PPKM level 2.

"Ada beberapa hal yang menjadi indikator penting Kota Bandung masuk level 2 yaitu konfirmasi aktif yang menurun, konfirmasi sembuh terus meningkat, pelaksanaan vaksinasi juga Bed Occupancy Rate (BOR) hingga positivity rate," ujar Rosye dalam keterangan resminya di Badung, ditulis Rabu, 20 Oktober 2021. 

Rosye mengatakan per tanggal 18 Oktober 2021 lalu, kasus aktif COVID-19 di Kota Bandung mencapai 93 kasus.

Rosye mengklaim kondisi saat ini jauh lebih baik dengan terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021, tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level, 3, Level 2, dan Level 1 COVID-19 di wilayah Jawa-Bali.

“Pandemi ini bisa selesai dengan menerapkan pola hidup menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan prokses lainya agar terhindar dari virus covid-19, “ terang Rosye.

Meskipun masuk dalam level 2, Rosye mengimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RS Tetap Sediakan Tempat Tidur

Sementara itu mengenai kondisi terkini BOR, Rosye mengatakan rumah sakit tetap menyediakan tempat tidur jika terjadi lonjakan kasus.

"Kita lihat perkembangan kasusnya. Nanti dialihfungsikan dari non-COVID menjadi COVID. Sesuai keadaan yang dibutuhkan," kata Rosye.

Rosye menuturkan, BOR di Kota Bandung saat ini berada pada 6,52 persen dari 30 rumah sakit rujukan. Hanya 69 tempat tidur yang terisi dari total 1.059 tempat tidur yang tersedia.

Sedangkan jumlah  Positivity Rate di Kota Bandung yaitu 0,14 persen. Angka tersebut masuk dalam kategori terkendali merujuk pada aturan badan kesehatan dunia WHO yang menetapkan batas di bawah 5 persen.

“Artinya terkendali. Jadi kita bisa mengatakan bahwa kondisi COVID-19 di Kota Bandung terkendali,” sebut Rosye.

Smentara itu, Rosye memastikan proses vaksinasi terus mengalami perkembangan.

Sesuai data Pusicov, Senin 18 Oktober 2021, total vaksinasi dosis 1 mencapai 90,48 persen atau 1.766.496 dari total sasaran 1952.358.

"Perkembangan vaksinasi cukup menggembirakan. Sehingga optimis bisa menyelesaikan target 100 persen pada Desember nanti," tukas Rosye. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.