Sukses

Momentum COVID-19 RI Melandai, 3T hingga Vaksinasi Ditingkatkan

Liputan6.com, Jakarta Momentum kasus COVID-19 di Indonesia yang tengah melandai, Pemerintah meningkatkan 3T (testing, tracing, treatment) hingga vaksinasi. Upaya deteksi dilakukan dengan meningkatkan tes epidemiologi dan meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak.

"Upayanya juga meningkatkan surveilans genomik di daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan kasus," kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com ditulis Sabtu, 25 September 2021.

Selanjutnya, upaya terapeutik dilakukan dengan mengkonversi tempat tidur rumah sakit untuk penanganan COVID-19, pemenuhan suplai oksigen dan alat kesehatan, serta meningkatkan ketersediaan sumber daya kesehatan.

Pengerahan tenaga kesehatan cadangan, pengetatan syarat masuk rumah sakit, serta meningkatkan pemanfaatan isolasi terpusat juga dilakukan.

"Begitu juga vaksinasi dengan penambahan alokasi vaksin COVID-19 pada daerah dengan kasus dan mobilitas tinggi, penambahan tempat sentra vaksinasi," lanjut Plate.

"Kemudian pemberlakuan syarat kartu vaksin untuk pelaku perjalanan dan penggunaan fasilitas publik, dan percepatan vaksinasi pada kelompok rentan, lansia dan orang dengan komorbid."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Bahaya Penularan COVID-19 Masih Ada

Johnny G. Plate menyebutkan, berbagai upaya peningkatan 3T hingga vaksinasi COVID-19 harus selalu berjalan beriringan dengan upaya peningkatan kesadaran masyarakat. Pemerintah selalu mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan ini tetap dipatuhi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), khususnya di pintu masuk Indonesia," ujarnya.

"Kelengahan dan ketidakpedulian sekecil apapun pasti menyebabkan peningkatan kasus dalam beberapa minggu ke depan."

Pemerintah minta masyarakat segera ikut vaksinasi guna meminimalisasi ancaman gelombang COVID-19 selanjutnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengingatkan penurunan kasus tidak serta merta membuat Indonesia keluar dari bahaya penularan COVID-19.

"Jumlah kasus konfirmasi masih bertambah, jumlah angka kematian juga masih ada," pungkas Menkominfo Plate.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Poin Penting Cegah Penularan Covid-19 pada Anak