Sukses

5 Bahan Alami yang dapat Bantu Obati Kadas

Liputan6.com, Jakarta - Kadas adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita. Jenis jamur tersebut menyebabkan dermatofitosis, yaitu infeksi yang memiliki kemampuan untuk melekat dan merusak jaringan keratin (lapisan terluar epidermis).

Jamur penyebab kadas bisa menginfeksi kulit manusia jika kelembapan dan kebersihan area tersebut tidak terjaga. Selain itu, Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah seperti lansia dan anak-anak juga lebih rentan terkena. 

Infeksi jamur ini dapat menyebar melalui kontak fisik maupun alat yang digunakan secara bergantian.

Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, rupanya kadas juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Melansir,  Health.com, Jumat (24/9/2021), berikut 5 bahan alami yang dapat mengobati kadas.

2 dari 7 halaman

1. Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya memang menjadi salah satu bahan alami yang sudah banyak dipakai untuk produk-produk kecantikan atau kesehatan.

Aloe vera mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang bisa meredam rasa gatal akibat kurap.

Cara menggunakan bahan alami ini mudah, cukup mengoleskan gel lidah buaya sebanyak 3 kali sehari. Saat digunakan, gel lidah buaya dapat membuat kulit terasa sejuk dan gatal mereda.

3 dari 7 halaman

2. Kunyit

Menggunakan bumbu dapur berwarna kuning pekat ini juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kurap di kulit secara alami.

Menurut dr. Devia Irine Putri, Health Educator and Communicator di KlikDokter.com, kunyit mengandung zat antibakteri yang bisa menghentikan perkembangan jamur pada kulit.

Selain menjadi agen antibakteri, kunyit juga mengandung zat anti inflamasi yang meredakan peradangan dan rasa gatal pada kulit.

Anda bisa mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata dan oleskan di bagian kulit yang terdapat kurap. Kulit Anda kemungkinkan dapat menguning selama beberapa waktu saat pakai kunyit.

Namun hati-hati, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan bahan alami ini.

4 dari 7 halaman

3. Cuka Apel

Cuka apel sangat disarankan sebagai obat alami atasi kurap pada kulit. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki kandungan anti jamur yang efektif mengobati kurap pada kulit.

Cara menghilangkan kurap dengan bahan alami ini terbilang mudah. Cukup gunakan kapas yang sudah dibasahi cuka apel, lalu oleskan sedikit-sedikit di area kulit yang terdapat kurap tiga kali sehari.

5 dari 7 halaman

4. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa ini berasal dari kandungan zat antijamur dan antimikroba sehingga dapat menjadi cara menghilangkan kadas, yang merupakan penyakit kulit akibat infeksi jamur.

Sejumlah hasil studi yang dimuat dalam Natural Medicine Journal mengungkapkan bahwa minyak kelapa merupakan pengobatan alami paling ampuh sebagai cara mengobati infeksi kulit akibat jamur yang bersifat ringan hingga sedang.

Minyak kelapa diyakini mengandung sejumlah asam lemak yang bertujuan untuk membunuh sel jamur dengan merusak membran selnya.

Cara menggunakannya, Anda dapat menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu dalam microwave atau di atas kompor. Lalu, oleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena kurap sebanyak tiga kali sehari. Namun, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum menggunakannya pada kulit, ya.

6 dari 7 halaman

5. Air Garam

Cara menghilangkan kurap dengan cepat secara alami lainnya adalah dengan air garam.

Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat. Lalu, tuangkan ½ atau ¼ cangkir garam ke dalamnya. Aduk hingga merata, kemudian usapkan air garam ke area kulit yang terinfeksi kurap menggunakan kapas atau dituangkan begitu saja. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit dan lakukan tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Walaupun bahan-bahan alami di atas dapat bantu mengobati kadas, tidak ada jaminan kalau kadas itu dapat sembuh secara total. Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter apabila cara menghilangkan penyakit kurap secara alami tidak membuahkan hasil.

Jika penggunaan salep antijamur sebagai cara menghilangkan penyakit kurap tidak efektif dilakukan, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian, dokter dapat memberikan rekomendasi cara menghilangkan kadas yang tepat sesuai kondisi yang Anda alami.

Segera lakukan cara menghilangkan kadas sebelum kondisinya semakin parah dan menulari orang-orang terdekat Anda. 

 

Reporter: Lianna Leticia

7 dari 7 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19.