Sukses

5 Cara Jitu untuk Melawan Flu Secara Alami, Jangan Lupa Istirahat yang Cukup

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah penyakit yang rentan dialami oleh anak-anak. Salah satunya adalah influenza atau yang dingkat dengan flu. Flu merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Melihat buah hati bermasalah dengan sistem pernapasannya, tentunya sedikit banyak membuat panik, bukan? Apalagi penyakit flu ini bisa menular. Meskipun flu sangat umum terjadi pada anak-anak, namun kondisi ini harus segera diatasi karena flu bisa menular saat batuk, bersih maupun berbicara.

Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza. Selain mengonsumsi obat flu atau influenza sesuai petunjuk dokter, ada 5 cara jitu untuk melawan flu secara alami.

Berikut ulasannya seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Menghirup uap air hangat

Untuk membantu melegakan saluran pernapasan dan redakan gejala flu yang dialami anak, Bunda bisa ajak si Kecil untuk menghirup uap air hangat. Caranya mudah. Isi baskom dengan air panas dan tambahkan 2 sdt jahe yang sudah dipotong-potong. Kemudian minta si Kecil menghidup dalam-dalam untuk meredakan gejala flu. Selain itu, bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak mint ke dalam baskom air panas tersebut.

2. Makan sup Hangat

Bila menghirup udara hangat dirasa belum cukup lega, cobalah untuk memberikan sup ayam hangat. Uapnya bisa melegakan hidung tersumbat dan sup yang hangat juga bisa membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Ditambah lagi dengan konsumsi ayam dan sayuran akan menambah nutrisi yang dibutuhkan si Kecil untuk melawan virus.

2 dari 2 halaman

3. Minum teh hangat

Perbanyak asupan cairan terutama yang hangat sangat dianjurkan bila flu menyerang. Salah satunya adalah mengonsumsi teh hangat. Bunda bisa menambahkan madu dan jeruk lemon yang kaya antioksidan dan vitamin C untuk melawan virus.

4. Minum air putih

Minum air putih merupakan salah satu terapi terbaik saat mengalami flu. Cairan yang cukup akan menjaga sistem pernapasan dan tubuh tetap terhidrasi. Selain itu juga dapat membantu mengencerkan lendir yang kerap kali mengganggu saluran pernapasan.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil untuk melawan virus dan infeksi. Buat kamar tidur si Kecil lebih nyaman agar ia bisa beristirahat dengan baik.

Bila dengan cara alami dan obat-obatan masih belum meredakan flu, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

 

(*)