Sukses

Masker dan Vaksinasi, Ikhtiar Hidup Sehat Bersama COVID-19

Masker dan vaksinasi menjadi satu paket ikhtiar hidup sehat bersama COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Masker dan vaksinasi menjadi ikhtiar hidup sehat bersama COVID-19. Pemerintah pun mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kebiasaan baru dengan tetap menggunakan masker dan melakukan vaksinasi.

Kedua upaya tersebut sebagai bagian persiapan menuju tatanan kehidupan baru berdampingan dengan COVID-19. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, bersepakat, pandemi COVID-19 tidak akan segera berakhir.

 

“Langkah transisi dan adaptasi mesti mulai kita persiapkan untuk era gaya hidup baru, yaitu gaya hidup sehat meski berdampingan dengan COVID-19,” tegas Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (2/9/2021) malam.

Para ilmuwan juga memprediksi potensi pandemi COVID-19 menjadi endemi atau penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu. Untuk menuju ke sana, warga dunia mau tak mau bersiap diri hidup bersama COVID-19 dalam jangka panjang.

Seiring membaiknya situasi penanganan COVID-19 di Indonesia, pembukaan kembali kegiatan sosial dan ekonomi juga dilakukan oleh Pemerintah. Agar penyesuaian kebijakan tidak memicu kenaikan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di negara lain, penegakan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

“Terutama melakukan vaksinas dan menggunakan masker. Keduanya, menjadi satu paket ikhtiar setiap individu untuk bisa hidup sehat berdampingan dengan COVID-19," lanjut Plate.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiplin Masker dan Vaksinasi COVID-19

Menurut Johnny G. Plate, dengan bermasker dan sudah divaksinasi, masyarakat bisa bekerja, belajar, berolahraga, beribadah, serta melakukan berbagai kegiatan di mana saja dengan lebih aman.

Melihat pulihnya perekonomian sejalan dengan kembali bergeliat aktivitas masyarakat seperti sebelumnya, kini menjadi harapan semua orang.

Pemerintah selaku pemangku kebijakan dalam hal ini sangat membutuhkan partisipasi masyarakat agar pandemi dapat dikendalikan.

“Masyarakat berkesempatan berkontribusi menurunkan kondisi pandemi. Utamanya, disiplin bermasker dan siap divaksinasi. Ini adalah upaya dari kita, oleh kita, dan untuk kita juga," pungkas Menkominfo Plate.

"Dengan ikhtiar ini, semoga dampak COVID-19 akan dapat ditekan, sehingga kita tak perlu berlakukan lagi darurat PPKM. Ekonomi pun tetap jalan tanpa mengabaikan prioritas kesehatan."

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.