Sukses

Target Sebulan, 1 Juta Masker Kain Bakal Dibagikan di Jawa dan Bali

Target sebulan Gerakan Mobil Masker BNPB, sebanyak 1 juta masker kain bakal dibagikan di wilayah Jawa dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Target sebulan yang dilakukan Gerakan Mobil Masker Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 1 juta masker kain akan dibagikan di wilayah Jawa dan Bali. Target tersebut usai menuntaskan sasaran lokasi pembagian masker di wilayah aglomerasi Jakarta (Jabodetabek).

"Setelah wilayah aglomerasi, Kota Bogor, wilayah Pantura, berlanjut ke wilayah-wilayah di Jawa dan Bali akan menjadi sasaran pembagian masker selanjutnya," terang Tenaga Ahli Kasatgas COVID-19 Brigjen Imam Pramukarno saat melepas 55 relawan di Gedung Is Plaza di bilangan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (16/8/2021).

"Dalam sebulan, ditargetkan akan dibagikan satu juta masker untuk Jawa-Bali."

Sejak 12 Agustus 2021, Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat terus menjangkau area penyangga ibu kota Jakarta, yang berlanjut menjangkau sejumlah wilayah di Jawa dan Bali. Masker kain yang dibagikan pun adalah masker yang berstandar.

Pembagian masker menyasar masyarakat yang belum mempunyai akses masker atau tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Misal, pedagang kaki lima (PKL) dan ojek online.

"Diharapkan, gerakan ini akan menjadi model contoh bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satgas Daerah agar melakukan hal serupa," imbuh Imam.

"Sehingga program pemerintah sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, khususnya menggunakan masker dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tiga Hari Bagikan Masker di Wilayah Jakarta

Pada awal Gerakan Mobil Masker diluncurkan, pembagian masker serentak dilakukan selama tiga hari, mulai Kamis (12/8/2021) hingga Sabtu (14/8/2021) dengan menurunkan 20 armada mobil. Total ada 60.000 masker yang dibagikan langsung oleh Duta Perubahan Perilaku kepada masyarakat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, sebanyak 60 Duta Perubahan Perilaku terjun membagikan masker kepada masyarakat di wilayah DKI Jakarta. Paada Jumat (13/8/2021), pembagian masker difokuskan pada kawasan masjid dan transportasi publik seperti terminal dan stasiun.

Di wilayah Jakarta Pusat, pembagian masker dilakukan di Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid Jami Nurul Islam Karang Anyar, Masjid Al-Huda Gambir, Terminal Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang.

Lokasi kedua, ada di wilayah Jakarta Barat meliputi Masjid Jamie Kebon Jeruk, Masjid Jamie Al-Anshor, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Angke, Terminal Kalideres, dan Terminal Grogol.

Lokasi berikutnya, di Wilayah Jakarta Timur, pembagian masker dilakukan di Masjid At-Taqwa Rawamangun, Masjid Al-Hawi Condet, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kampung Melayu, Stasiun Cawang, dan Stasiun Jatinegara.

Di Jakarta Selatan, tim membagikan masker kepada masyarakat di Masjid Al-Ikhlas Cipete, Masjid Jami Al-Wiqoyah Jagakarsa, Terminal Blok-M, Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, dan Stasiun Pasar Minggu.

Terakhir, di wilayah Jakarta Utara adalah Jakarta Islamic Centre, Masjid Al-Alam Marunda, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Rajawali, dan Terminal Tanjung Priok.

3 dari 5 halaman

Warga Rasakan Manfaat Pembagian Masker

Gerakan Mobil Masker juga telah menyasar kawasan pusat perbelanjaan atau pasar, di antaranya Pasar Tanah Abang, Pasar Bendungan Hilir, Pasar Cilincing, Pasar Mangga Besar, Pasar Induk Kramat Jati, dan Pasar Jaya Pondok Labu.

Pembagian masker di daerah pasar, terminal, dan stasiun menyasar para pedagang, pengunjung, sopir bus, calon penumpang, dan pelaku ojek online.

Salah satu pedagang di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) mengaku, Gerakan Mobil Masker sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pedagang kecil yang terkena dampak dari COVID-19.

"Program masker ini bermanfaat banget untuk para pedagang di sini, kita bisa jadi lebih peduli dengan protokol kesehatan, karena kan diingatkan (edukasi) juga," tutur Ibu Sri, salah satu pedagang di Pasar Benhil. Ia juga mengaku harus kehilangan kerabatnya karena terpapar COVID-19.

4 dari 5 halaman

Sosialisasi Penggunaan Masker

Sementara itu, pembagian masker menyasar kawasan Stasiun Juanda dan Masjid Jami Nurul Islam, Jakarta Pusat, masker diberikan kepada calon penumpang kereta dan warga sekitar.

Masyarakat berharap adanya program pembagian masker dari Gerakan Mobil Masker semakin kuat dan pandemi dapat segera berakhir. Sektor ekonomi pun diharapkan bisa pulih kembali.

Selain membagikan masker, para Duta Perubahan Pelaku melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan

"Bapak dan Ibu selama berkegiatan, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan," kata Dinda, salah satu Duta Perubahan Perilaku sembari membagikan masker kepada masyarakat.

5 dari 5 halaman

Infografis Jangan Sembarangan Pakai Masker Dobel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.