Sukses

Olahraga Bentuk Kepedulian Diri, Mulai dengan 3 Hal Sederhana Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pola makan, nutrisi, dan juga kegiatan fisik seperti melakukan olahraga disebut dokter spesialis kedokteran olahraga, Angelica Anggunadi, sebagai pilar yang harus kita jaga guna memiliki hidup yang sehat.

Terlebih di tengah pandemi COVID-19 kayak sekarang. Menjaga kondisi tubuh selalu fit merupakan hal yang sangat penting.

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak dari kita yang kesulitan melakukan kegiatan aktif selama di rumah. Namun, mau bagaimana lagi? Bergerak aktif lewat olahraga ringan tetap harus dilakukan.

dr Angelica, mengatakan, dalam mencapai pola hidup yang sehat penting untuk menghindari perilaku menetap seperti duduk atau berbaring yang terlalu sering.

Salah satu cara guna menghindari perilaku menetap tersebut adalah dengan bergerak aktif.

"Menghindari perilaku sedenter (menetap) sama pentingnya dengan melakukan kegiatan fisik. Harus ada upaya aktif untuk menghindari itu. Itu harus dijaga dan bukan pasrah begitu saja," katanya dalam Press Launch Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5x yang dilakukan virtual pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Menjaga tubuh agar bergerak aktif, lanjut Angelica, menjadi salah satu bentuk self-care atau kepedulian diri. Berikut cara mudah untuk mengimplementasikannya.

1. Mulai dari olahraga ringan

“Kuncinya mulai dari yang ringan-ringan dulu saja. Jangan langsung ngoyo mau langsung yang cepat. Bisa dimulai dari jalan, lompat, ataupun senam sambil duduk,” katanya.

Angelica menjelaskan bahwa olahraga bisa dimulai dengan konsep BBTT yakni baik, benar, terukur, dan teratur. Artinya, melakukan kegiatan olahraga juga harus melihat kondisi diri sendiri.

Melakukan kegiatan fisik yang berlebihan juga tidak memberikan dampak yang baik.

2 dari 5 halaman

2. Cari olahraga yang disukai

Melakukan kegiatan olahraga yang disukai dapat membantu Anda untuk menikmati proses ketika melakukan olahraga. Sehingga, tubuh akan terbiasa dan tidak menjadikan olahraga sebagai beban ketika melakukannya.

“Pilih jenis olahraga yang disukai sesuai preferensi masing-masing. Pilih yang bisa kita nikmati, jadi bisa membuat kita bahagia. Mulai sedikit demi sedikit, biar tubuh kita juga terbiasa,” katanya Angelica.

 

3 dari 5 halaman

3. Konsisten dalam mengimplementasikannya

Melakukan gerakan fisik atau berolahraga dengan konsisten juga menjadi kunci untuk mempertahankan kondisi tubuh yang sehat. Karena konsistensi dalam berolahraga juga bisa membuat tubuh menjadi terbiasa.

“Konsisten itu penting sekali, untuk memastikan kalau tubuh kita itu beradaptasi. Jadi tubuh tidak hanya terbiasa, tapi juga bisa menerima manfaatnya,” katanya.

4 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini