Sukses

Selain di DKI, Ini Tempat Isolasi Terpusat bagi Kontak Erat Positif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sudah menyediakan tempat isolasi terpusat bagi masyarakat yang kontak erat dengan hasil positif COVID-19. Tempat isolasi terpusat tersebar tidak hanya di DKI Jakarta, melainkan di sejumlah daerah, seperti Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

"Kontak erat dengan hasil positif berdasarkan entry test atau exit test juga akan dibawa ke tempat-tempat isolasi terpusat yang telah disediakan untuk mendapatkan perawatan," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers PPKM, Rabu (28/7/2021).

"Isolasi terpusat yang disiapkan Pemerintah ini sudah siap dengan perangkat pendukung operasionalnya."

Menurut Reisa, penting bagi masyarakat yang positif COVID-19 untuk melakukan isolasi di tempat isolasi terpusat guna pemulihan kondisi serta melindungi orang di sekitarnya.

Tempat isolasi terpusat yang disediakan Pemerintah, antara lain, Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta; Rumah Susun (Rusun) Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, dan Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

"Tempat isolasi di atas dapat menampung hingga 10.000 pasien serta rusun Pasar Rumput yang kapasitasnya mencapai 6.000 tempat tidur," lanjut Reisa.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 4 halaman

Tempat Isolasi Terpusat di Luar Jakarta

Pemerintah juga menyiapkan sejumlah tempat isolasi terpusat di luar Jakarta, seperti di Bandung, Depok, dan Kota Tangerang.

Begitu pun di Yogyakarta, yang terbagi pada tiga tempat, yaitu di Asrama Universitas Gadjah Mada, Asrama Universitas Negeri Yogyakarta dan Asrama milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Lalu di Solo juga sudah disiapkan dan tersebar sebanyak 1.700 titik, baru terisi 400 titik,” tambah Reisa Broto Asmoro.

3 dari 4 halaman

Masyarakat Diminta Tak Ragu Jalani Isolasi Terpusat

Ketua Satgas COVID-19 Ganip Warsito pun mengimbau masyarakat yang terpapar virus Corona untuk tidak ragu melakukan isolasi mandiri di tempat isolasi terpusat, yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Saya mengimbau bagi masyarakat yang teridentifikasi positif COVID-19 untuk tidak ragu menjalani isolasi terpusat pada tempat yang telah kami siapkan," ujar Ganip di Media Center Satgas COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (26/7/2021).

"Kami sudah siapkan tenaga medis, obat-obatan serta kegiatan perawatan (treatment) lainnya bagi pemulihan para pasien sampai sembuh atau negatif."

Di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, lanjut Ganip, keterisian tempat tidur COVID-19 (Bed Occupancy Rate/BOR) sudah mencapai sekitar 47 persen. Rusun Nagrak saat ini baru terisi 260 orang, serta Rusun Pasar Rumput yang kapasitasnya mencapai 6.000 tempat tidur, baru terisi 110 orang."

"Masyarakat cukup membawa keterangan hasil tes swab antigen sudah dapat dirujuk ke tempat isolasi terpusat tersebut," tutur Ganip dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Infografis Fasilitas Anggota DPR di Hotel Isolasi Mandiri