Sukses

Vaksinasi COVID-19 Booster 1,47 Juta Nakes Mulai Pekan Depan

Vaksinasi COVID-19 booster (vaksinasi ketiga) untuk 1,47 juta tenaga kesehatan (nakes) akan dimulai pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta Vaksinasi COVID-19 booster (vaksinasi ketiga) untuk 1,47 juta tenaga kesehatan (nakes) rencananya dimulai pekan depan. Pelaksanaan vaksinasi booster ini sudah disetujui oleh Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto.

"Jadi, memang rencana vaksinasi COVID-19 ketiga sudah disetujui oleh Pak Menko sebagai Ketua KPC-PEN (Airlangga Hartarto). Sebagai catatan kami adalah kondisi vaksinasi kita masih belum mencakup seluruh target vaksinasi," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers PPKM Darurat di Luar Jawa-Bali, Jumat (9/7/2021).

"Maka, penting untuk kita pahami vaksinasi ketiga ini hanya diberikan kepada nakes."

Untuk vaksinasi booster, Budi Gunadi sekali menekankan, hanya diberikan kepada tenaga kesehatan. Ini karena tenaga kesehatan berhadapan dengan pasien COVID-19 dan virus Corona.

"Nakes kita itu yang setiap hari bertemu dengan virus Corona yang tinggi sekali kadarnya. Mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja," tegasnya.

"Kami juga sudah berdiskusi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) sebagai penasehat independen mengenai program vaksinasi COVID-19 ini."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin Booster Gunakan Moderna, Vaksinasi Mulai Pekan Depan

Budi Gunadi Sadikin menambahkan, BPOM dan ITAGI sudah menyetujui bahwa vaksin booster untuk nakes akan diberikan menggunakan vaksin Moderna.

"Sehingga memberikan kekebalan yang maksimal terhadap variasi-variasi mutasi virus Corona yang ada," tambahnya.

"Vaksin Moderna rencananya akan datang di hari Minggu (11 Juli 2021) dan diharapkan mulai pekan depan sudah bisa kita mulai."

Airlangga Hartarto juga mengatakan, vaksinasi booster nakes sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Untuk tenaga kesehatan, sesuai arahan Bapak Presiden, vaksinasi COVID-19 ketiga atau booster nakes akan segera diatur oleh Pak Menkes. Diharapkan booster untuk 1,47 nakes tentunya bisa meningkatkan imunitas dari nakes," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Benarkah Vaksin Covid-19 Bikin Kekebalan Tubuh 100 Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.