Sukses

Beredar Foto Pasien COVID-19 Dirawat di Selasar IGD, RSHS Beri Tanggapan

Liputan6.com, Kota Bandung - Beredar di Twitter pada Kamis, 24 Juni 2021, sebuah foto yang memerlihatkan pasien COVID-19 dirawat di depan selasar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat.

Tidak disebutkan kapan pastinya foto diambil. Namun, manajemen RS Hasan Sadikin mengakui bahwa beberapa hari yang lalu pernah menggunakan selasar IGD untuk merawat pasien COVID-19.

Pelaksana harian (Plh) Direktur Pelayanan Medik, Perawatan, dan Penunjang RSHS, Yana Akhmad Supriatna, meluruskan bahwa kejadian tersebut tidak berlangsung lama. Pasien COVID-19 yang dirawat di depan selasar IGD sudah dipindahkan ke ruang isolasi.

"Saat itu terjadi peningkatan kedatangan 50 pasien yang hampir bersamaan. Kemudian ditambah 20 pasien yang memang sudah ada di IGD, sehingga jumlahnya menjadi 70 pasien," kata Yana.

Terkait foto yang beredar luas tersebut, Yana memastikan bahwa peristiwa terjadi pada 22 dan 23 Juni 2021.

 

2 dari 4 halaman

Pasien COVID-19 Dirawat di Depan Selasar IGD

Akibat banyaknya pasien COVID-19 itu, proses perawatan dan pelayanan ditangani di selasar IGD.

Agar semua pasien dapat tertangani, Yana, mengaku, sempat menempatkan beberapa tandu lipat di selasar IGD.

"Untuk observasi sebelum pasien direlokasi ke ruangan. Foto itu bukan dari kami, pegawai, atau atas izin kami, karena itu berkaitan dengan hak privasi pasien," kata Yana.

Yana meminta beredarnya foto pasien COVID-19 itu tidak terulang. Alasannya harus menghormati hak pribadi pasien.

Yana menyebut bahwa kondisi saat ini tidak ada lagi penanganan pasien COVID-19 di selasar IGD. Hingga Rabu, 23 Juni 2021, jumlah pasien yang dirawat mencapai 206 pasien, dari kapasitas 231 tempat tidur atau BOR pada tingkat 89,18 persen. 

 

3 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Waspada Anak Tertular COVID-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini