Sukses

Latihan Sederhana Agar Pasien COVID-19 Tetap Sehat Saat Isolasi Mandiri

Liputan6.com, Jakarta Meski sedang melakukan isolasi mandiri, pasien COVID-19 juga harus tetap aktif menggerakkan badan. Rumah Sakit EMC Sentul pun membagikan beberapa gerakan mudah yang bisa dilakukan seseorang saat sedang menjalani isolasi mandiri.

Latihan fisik sederhana ini juga bisa menjaga kesehatan mental, dengan membuat pasien COVID-19 lebih rileks, tidak stres, dan tidak panik.

"Tujuan latihan ini adalah untuk memertahankan fungsi paru-paru, mencegah penumpukan lendir di saluran napas, dan mencegah imobilisasi dikarenakan kurang bergeraknya pasien yaitu berupa kelemahan otot-otot tubuh," kata Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitas RS EMC Sentul, Novaria Puspita.

"Latihan ini dapat dilakukan apabila Anda tidak memiliki gejala demam dalam dua hari terakhir, nyeri dada atau napas pendek atau bernapas terasa tersengal-sengal, jantung terasa berdebar-debar, terdapat bengkak di kaki," Novaria menambahkan.

Novaria, menambahkan, gerakan ini dapat dilakukan dua kali dalam sehari yaitu di pagi dan sore hari.

2 dari 4 halaman

Bisa Dilakukan Dua Kali dalam Sehari

Untuk posisi yang dianjurkan, pasien bisa duduk tegak di tepi tempat tidur, duduk 45 hingga 70 derajat di tempat tidur, serta duduk memeluk bantal, dan tidur tengkurap.

Pasien kemudian dapat melakukan latihan pernapasan dengan meletakkan tangan di perut dan dada, lalu tarik napas perlahan, keluarkan melalui mulut dan bernapaslah senyaman mungkin, secara pelan dan rileks sambil menutup mata.

Kemudian, lakukan latihan berupa menarik napas dari hidung, tahan dua detik, lalu embuskan perlahan melalui mulut. Ulangi delapan hingga sepuluh kali hitungan.

Latihan berikutnya adalah latihan gerak sendi aktif. Di sini, pasien dapat menggerakkan semua anggota tubuh dimulai dari kepala, tangan, dan kaki, lalu mengulanginya 2x8 hitungan.

Lalu, lanjutkan dengan berjalan di sekitar tempat tidur. Lakukanlah dengan sering untuk menghindari berbaring lama di tempat tidur.

Terakhir lakukan pemijatan pada otot-otot pernapasan. Di sini, pasien dapat memijat bagian dada dan perut bagian samping, serta bahu baik kanan maupun kiri. Ulangi gerakan memijat ini sebanyak 5x3 hitungan.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini