Sukses

Rendaman Air Selada Bisa Bikin Mengantuk dan Mengatasi Insomnia?

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, di TikTok ramai membahas air selada yang pertama dibagikan oleh pengguna TikTok Shapla Hoque. Menurutnya, rendaman air selada bisa membuat dirinya sangat mengantuk dan mengatasi insomnia.

Dilansir dari Health, dalam video yang memiliki 1,4 juta likes itu Hoque menjelaskan proses pembuatan air seladanya, termasuk mencuci sekitar empat daun, memasukkannya ke dalam cangkir kopi, dan menuangkan air panas di atasnya.

Hoque juga menambahkan teh peppermint karena ia takut rasanya akan menjijikkan. Namun Hoque menegaskan kalau teh peppermint sendiri tidak membuatnya mengantuk.

Setelah itu, ia memindahkan selada yang layu disiram air panas tersebut dan menyesap airnya yang menurutnya tidak ada rasanya. Hoque kemudian membagikan pembaruan tentang efek setelahnya. "Saya merasa mengantuk, bukan mengantuk seperti KO, tapi aku merasa mengantuk," katanya di TikToknya. Tak lama kemudian Anda dapat melihat bagian atas kepala Hoque dan matanya yang tertutup.

 

2 dari 5 halaman

Komentar warganet

Kemudian ia melanjutkan di kolom komentar yang menyarankan agar tidak menambahkan teh peppermint ke air selada karena tampaknya itu membuat Anda tetap terjaga. Adapun untuk hasil terbaik gunakan teh chamomile atau hindari menambahkan teh lainnya.

Orang-orang yang berkomentar di videonya, ada yang menyebutkan kalau ibunya juga sering memberinya air selada dan membuatnya mengantuk secara alami. Ada juga beberapa ornag yang mengaku insomnia menyebutkan ingin mencobanya.

Hoque bukan satu-satunya orang yang membicarakan kelebihan air selada untuk membantu tidur. TikTokker @neliebean dan @thatnickguy_ mengaku telah mencobanya dan efeknya berhasil bagi mereka.

Mengingat ini adalah saran dari orang di TikTok, mungkin timbul keraguan bagi beberapa orang akan kebenarannya.

 

3 dari 5 halaman

Kata Ahli

Menurut Christopher Winter, MD, dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine dan penulis buku The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It, menggunakan selada itu benar namun sekaligus salah.

Pertama, menurut Dr. Winter, selada mengandung sesuatu yang disebut lactucarium yang bisa membuat Anda mengantuk. "Jenis sayuran ini memiliki struktur yang mirip dengan opium, dan memiliki beberapa sifat obat penenang," kata Dr. Winter, dikutip dari Health.

"Ini adalah zat seperti susu. Jika Anda mendapatkan banyak selada dan merebusnya, Anda bisa membuat bahan kimia ini," jelas Dr. Winter.

Sementara selada mengandung lactucarium dan itu bisa membuat Anda mengantuk, Dr. Winter mengatakan bahwa Anda perlu merendam selada dalam jumlah yang luar biasa banyak untuk benar-benar mendapatkan manfaatnya.

"Jumlah lactucarium yang Anda dapatkan dari empat hingga lima daun selada sepertinya tidak banyak membantu," katanya. Tapi kehangatan dari air itu sendiri bisa membuat Anda mengantuk, bersama dengan efek plasebo yang sehat, tambahnya.

Jika Anda menyukai ide untuk mencoba beberapa jenis cairan hangat untuk insomnia, Dr. Winter menyarankan untuk menggunakan teh chamomile.

"Minum secangkir teh setiap malam sekitar satu jam sebelum tidur memberi sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya bersiap-siap untuk tidur," katanya.

Namun, jika Anda ingin mencoba air selada, Dr. Winter jjuga membolehkan. "Tidak ada salahnya memasukkan selada ke dalam teh Anda," katanya.

4 dari 5 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini