Sukses

Satu Komando Kendalikan COVID-19, Doni Monardo Sambangi 10 Provinsi di Sumatera

Liputan6.com, Palembang Demi satu komando pengendalian COVID-19, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo sudah menyambangi 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Bukan hanya ke Sumatera saja, kunjungan kerja Doni dalam upaya pengendalian COVID-19 juga dilakukan ke sejumlah provinsi lain di Indonesia.

Adapun perjalanan Doni Monardo rupanya merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Provinsi Jambi merupakan ‘etape’ terakhir dari seluruh rangkaian kunjungan kerja Doni di Sumatera dan juga beberapa provinsi di Indonesia, yang dilakukan selama kurang lebih satu tahun terakhir.

Sebelum mengakhiri perjalanan ke Jambi, Doni melakukan Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kehadiran Doni ke Palembang menjadi penting.

Ada dua alasan, yaitu jumlah kasus aktif meningkat dan menjelang musim mudik Lebaran 2021.

“Hampir semua provinsi di Sumatera sudah saya datangi. Saya diperintah Bapak Presiden untuk keliling, memastikan pengendalian COVID-19 berada pada satu garis komando," tegas Doni saat memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama jajaran Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang, Rabu (5/5/2021).

"Komando Bapak Presiden jelas, yaitu larangan mudik. Jangan lagi dinarasikan aneh-aneh. Jangan pula ditafsir macam-macam. Dilarang artinya ya dilarang, tidak boleh mudik."

Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah menambahkan, kunjungan kerja Doni ke Jambi menjadi pelengkap, 10 provinsi di Sumatera telah disambangi mantan Danjen Kopassus ini.

"Rabu siang, kami ke Sumatera Selatan. Lalu Kamis (6/5/2021) ke Jambi lewat jalur darat. Maka, lengkaplah 10 provinsi yang ada di Sumatera telah disambangi Ketua Satgas Doni Monardo," tambah Egy, yang ikut mendampingi Doni Monardo.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Doni Monardo dari Palembang ke Jambi

Ke-10 provinsi di Sumatera yang dikunjungi Doni Monardo dalam rangka pengendalian COVID-19, yakni Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi dengan menempuh jalur darat dari ‘Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan pada Kamis, 6 Mei 2021.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Doni berangkat dari Palembang pukul 07.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jambi pukul 14.30 WIB dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 7 jam.

Di Jambi, Doni dijadwalkan melakukan Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama jajaran Pemerintah Jambi, sebagaimana yang juga telah dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada hari sebelumnya, Rabu, 5 Mei 2021.

Dalam hal ini, agenda kunjungan kerja tersebut menjadi penting mengingat pandemi di Tanah Air belum usai. Beberapa wilayah lain, seperti Sumatera Selatan, bahkan mengalami kenaikan kasus COVID-19.

3 dari 5 halaman

Pastikan Pengendalian COVID-19 dalam Satu Komando

Selanjutnya, Doni Monardo di Jambi juga dijadwalkan hadir untuk memberikan pendampingan dan memberikan arahan terkait implementasi aturan pemerintah yang tertuang dalam Surat Edaran Ketua Satgas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Hari Raya Idulfitri dan Pengendalian COVID-19 selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Hal itu dilakukan semata-mata guna mencegah adanya lonjakan kasus COVID-19 yang berpotensi terjadi dari aktivitas mudik dan libur panjang, seperti yang terjadi pada momentum sebelumnya.

Adapun tugas kunjungan kerja Doni Monardo menjadi kewajiban yang telah diamanatkan langsung oleh Presiden Jokowi untuk penanganan COVID-19 di Tanah Air agar berada pada satu garis komando.

“Saya diperintah Bapak Presiden untuk keliling, memastikan pengendalian COVID-19 berada pada satu garis komando,” jelas Doni, Rabu (5/5/2021).

Dalam rangkaian kunjungan kerja, Doni juga mengajak beberapa perwakilan kementerian/lembaga dari pemerintah pusat turut serta membantu pemerintah daerah dalam pengendalian COVID-19.

4 dari 5 halaman

Infografis 8 Jurus Sakti ala Superhero Lawan Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: