Sukses

Hindari Konsumsi Karbohidrat Sederhana Supaya Kenyang Lebih Lama

Solusi agar tubuh kenyang lebih lama, hindari konsumsi karbohidrat sederhana dan beralih pada karbohidrat kompleks yang disertai gizi seimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti olahan kue, camilan keripik kentang dan yang lainnya hanya akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Hal ini turut mempercepat pelepasan insulin dari dalam tubuh lalu menurunkan kadar gula darah, bahkan habis lebih cepat.

Dilansir dari Share Care, Pakar Diet dari Colleton Medical Center di Walterboro, Carolina Selatan, Caron Sharp, RD mengatakan ketika gula darah mengalami penurunan, maka saat itulah tubuh merasakan lapar. Banyak orang telah mengetahui makanan yang dikonsumsinya tidak mengenyangkan, tapi ingin terus memakannya.

Karbohidrat memang penting dalam memberikan tenaga atau bahan bakar pada otak dan otot, namun tidak semua karbohidrat memiliki fungsi yang sama, contohnya seperti karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana memiliki kandungan gula seperti fruktosa dan glukosa yang tidak membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama.

“Karbohidrat sederhana, seperti aneka macam kue, menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin dan dalam prosesnya, gula darah kita turun, yang membuat kita lapar,” kata Caron.

 

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karbohidrat Kompleks Dilengkapi Gizi Seimbang

Akan lebih baik, apabila konsumsi karbohidrat sederhana digantikan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi gandum atau roti kaya serat, ini akan membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga harus dikonsumsi bersama dengan makanan dengan gizi seimbang.

Gizi seimbang penting diperhatikan, tubuh juga perlu mengonsumsi buah dan sayuran segar, biji-bijian, protein tanpa lemak, lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan, serta produk susu rendah lemak, selain konsumsi karbohidrat kompleks. Takaran isi piring dengan gizi seimbang itu harus berisi separuh sayuran, seperempat makanan berprotein, dan seperempat lainnya biji-bijian.

Selain itu, Caron menyarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Makan kecil yang dilakukan rutin sepanjang hari juga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga keinginan ngemil makanan tidak sehat tak akan muncul.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 3 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.