Sukses

Hari Bumi 2021, Google Doodle Ajak Orang Menanam Pohon demi Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta Google hari ini ikut merayakan Hari Bumi 2021, dengan membuat sebuah Google Doodle yang berisi tentang video singkat mengenai pentingnya peran setiap orang untuk melakukan aksi kecil menanam benih pohon, demi masa depan yang lebih baik.

Apabila masuk ke laman pencarian Google pada Kamis (22/4/2021), Anda akan diperlihatkan tulisan "Google" menjadi sebuah gambar pohon dengan seorang anak kecil dan seorang lansia yang bersandar di batangnya.

Jika menekan tanda "play" di animasi itu, Anda akan diarahkan ke sebuah video yang memperlihatkan seorang anak perempuan yang menanam sebuah tanaman kecil, dan tumbuh besar bersama dengan dirinya yang ikut menjadi dewasa.

Anak perempuan yang sudah menjadi lansia itu lalu memberikan tanaman lain untuk ditanam seorang bocah pria, yang kemudian tumbuh menjadi seorang lansia sambil melihat tanaman yang ia tanam menjadi sebuah pohon besar.

Adegan serupa lalu berlanjut namun dengan seseorang atau beberapa orang yang berbeda-beda, dan selesai dengan semua orang yang menatap berbagai jenis pohon di sekitar mereka.

Dalam keterangannya, Google mengatakan bahwa Doodle Hari Bumi 2021 menyoroti bagaimana setiap orang bisa menanam benih untuk menuju masa depan yang lebih cerah.

"Planet yang kita sebut rumah terus memelihara kehidupan dan menginspirasi keajaiban. Lingkungan kita bekerja keras untuk menopang kita, yang menuntut kita untuk membalas budi," tulis Google.

2 dari 4 halaman

Mulai dari Satu Tindakan Kecil

"Kami mendorong setiap orang untuk menemukan satu tindakan kecil yang dapat mereka lakukan untuk memulihkan Bumi kita. Itu pasti akan berakar dan berkembang menjadi sesuatu yang indah," tulis Google.

Sophie Diao, Doodle Artist di balik animasi itu, mengatakan bahwa Hari Bumi merupakan kesempatan untuk mundur dan menarik diri dari kehidupan sehari-hari, melihat gambaran yang lebih besar, serta menarik napas dalam dan mengingat bahwa kita adalah bagian dari alam.

Diao mengatakan bahwa ia terinsipirasi oleh cerita seseorang yang menanam pohon ketika mereka masih muda dan merawatnya sepanjang hidup, serta orang-orang yang berhasil menghijaukan kembali suatu tempat baik itu kota yang padat atau gurun yang gersang.

Menurutnya, satu orang dapat memberikan bibit pohon kepada orang lain, dan pohon dapat menopang melalui banyak generasi manusia.

"Sekalipun setiap orang hanya menanam satu pohon, jika Anda membaginya dengan cukup banyak orang, pada akhirnya Anda dapat membuat seluruh hutan," kata Diao.

"Kontribusi Anda dapat membuat perbedaan besar. Kita memiliki kekuatan untuk menumbuhkan masa depan yang lebih baik jika kami bekerja sama."

Tidak hanya di Indonesia, Google Doodle ini dapat dilihat oleh para pengguna di seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini