Sukses

Google Doodle Hari Ini Ingatkan Pentingnya Pakai Masker dan Jaga Jarak untuk Cegah COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini, Selasa (6/4/2021), mengingatkan masyarakat akan pentingnya memakai masker dan menjaga jarak, demi mencegah tertular COVID-19.

Dalam Google Doodle tersebut, huruf-huruf Google yang biasanya polos tanpa animasi apa pun, bersama-sama memakai masker warna-warni dan bergerak menjauhi satu sama lain.

Uniknya sebelum menjauh satu sama lain, huruf "G" paling depan dan "E" yang digambarkan awalnya hanya memakai masker medis, kemudian mengenakan masker kain berwarna untuk melapisi masker yang mereka gunakan.

"Masker masih tetap penting. Gunakan masker dan selamatkan nyawa," tulis Google dalam keterangan resmi mengenai Google Doodle tersebut.

Google Doodle ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia. Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, Honduras,Peru, Bolivia, Argentina, Paraguay, Uruguay, Finlandia, Britania Raya, Arab Saudi, Mesir, Libya, India, Vietnam, Malaysia, Polandia, Prancis, Ukraina, Yunani, Rumania, dan serta beberapa negara lain, juga menampilkannya.

Apabila menekan animasi tulisan Google tersebut, pengguna akan diarahkan kepada hasil pencarian mengenai pencegahan COVID-19. Terlihat bahwa tips dari World Health Organization (WHO) menjadi yang akan ditemui pertama kali.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan info dari Google mengenai data kasus di negara masing-masing, yang dikumpulkan dari berbagai sumber resmi.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah COVID-19

Dalam panduan Google, yang merujuk WHO, mengatakan bahwa untuk mencegah COVID-19, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Membersihkan tangan sesering mungkin. Menggunakan sabun dan air, atau antiseptik berbasis alkohol
  • Menjaga jarak aman dari siapa pun yang batuk atau bersin
  • Mengenakan masker jika jarak fisik tidak memungkinkan
  • Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda
  • Tutupi hidung dan mulut Anda dengan siku yang tertekuk atau tisu saat Anda batuk atau bersin
  • Tetaplah di rumah jika merasa tidak enak badan
  • Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, dapatkan pertolongan medis

Menelepon terlebih dahulu memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini melindungi Anda, dan mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya

Terkait penggunaan masker, Google mengatakan bahwa memakainya dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakan masker ke orang lain.

"Masker saja tidak dapat melindungi dari COVID-19, dan harus dikombinasikan dengan jarak fisik dan kebersihan tangan. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat Anda," kata mereka.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini