Sukses

Kemenkes Imbau Masyarakat Tidak Pilih-Pilih Vaksin COVID-19

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat untuk tidak memilih-milih vaksin COVID-19

Nadia mengungkapkan vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini adalah vaksin yang terbaik dan sudah boleh digunakan karena telah memenuhi persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). 

“Yang pertama adalah dari segi keamanan sudah melewati uji klinis tahap tiga, dari segi efikasi, WHO sudah menentukan minimal 50 persen, dan Badan POM beserta ITAGI sesudah melakukan kajian terhadap keamanan dan mutu dari vaksin ini,” jelasnya. 

“Kita pastikan bahwa vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin yang aman dan bermanfaat serta meningkatkan kekebalan tubuh kita yang telah berdasarkan rekomendasi dari para ahli,” tambah Nadia. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Nadia juga mengharapkan agar masyarakat baik muslim maupun nonmuslim untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat bulan Ramadan.

Kementerian Agama telah mengeluarkan surat edaran tentang panduan ibadah Ramadan dan Idulfitri tahun 1442 Hijriah dan Kementerian Kesehatan dengan pedoman protokol kesehatan di tempat ibadah.

“Kami mengharapkan dalam melaksanakan ibadah Ramadan seperti tarawih atau tadarusan di masjid untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Nadia mengingatkan jemaah agar membawa peralatan salat dan Al-Qur’annya masing-masing. Selain itu, anak-anak di bawah usia 10 tahun juga diimbau untuk tidak dibawa beribadah di masjid untuk mengurangi kemungkinan penularan.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Sinovac Boleh Digunakan dan Halal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Siti Nadia Tarmizi