Sukses

Menkes: Masalah Laju Vaksinasi Bukan di Lokasi, tapi di Ketersediaan Vaksin COVID-19

Menteri Kesehatan mengatakan bahwa Indonesia baru bisa memberikan 300 ribu suntikan vaksin COVID-19 dalam sehari

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Indonesia saat ini sudah mampu melakukan sekitar 300 ribu penyuntikan vaksin COVID-19 dalam sehari.

Dalam Rapat Kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI pada Senin (15/3/2021), Budi mengatakan bahwa lambatnya laju vaksinasi COVID-19 di Indonesia disebabkan ketersediaan vaksin yang masih terbatas.

"Laju penyuntikan masalah bukan di tempat penyuntikan, tapi di ketersediaan vaksinnya," kata Budi, dikutip dari siaran kegiatan di Youtube DPR RI.

Budi menjelaskan, pada Januari hingga Februari, vaksin COVID-19 yang tersedia hanya ada 10 juta dosis, sehingga tidak mungkin diberikan sebanyak 1 juta dalam sehari. "Kita suntiknya 10 sampai 100 ribu per hari supaya tidak ada hari kosong penyuntikan."

Dia menambahkan, pada Maret dan April, terdapat 30 juta dosis vaksin corona yang tersedia untuk dua bulan. Menkes mengatakan target penyuntikan pun akan dinaikkan hingga 100 sampai 500 ribu orang dalam sehari.

"Sekarang kita sudah di sekitar 300 ribu per hari," kata Menkes Budi Gunadi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

75 Persen Baru Datang di Juli hingga Desember

Menkes melanjutkan, pada bulan Mei hingga Juni, akan ada setidaknya 50 juta dosis vaksin COVID-19 tersedia di Indonesia dalam dua bulan. Budi mengatakan di waktu ini target penyuntikan ditingkatkan hingga 500 ribu sampai 1 juta suntikan dalam sehari.

Dalam presentasinya, pada semester kedua tahun 2021, suplai vaksin COVID-19 di Indonesia akan ada hingga 250 juta dosis.

"Beratnya itu di Juli sampai Desember. Karena 75 persen dari vaksin kita baru akan datang di Juli dan Desember, sehingga kita perlu meningkatkan kapasitas vaksinasi," ujarnya.

Maka dari itu agar terus meningkat, Budi mengatakan pada bulan April 2021, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia akan diatur agar dapat mencapai angka 500 ribu suntikan dalam sehari.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Timeline Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.