Sukses

Varian Virus Corona B117 Ada di Jakarta, Jubir Wiku: Vaksinasi Nasional Masih Efektif

Prof. Wiku Adisasmito, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, mengatakan hingga saat ini vaksin yang digunakan di Indonesia masih efektif dalam menghadapi B117, sehingga masih dapat digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Dari enam hasil temuan varian virus Corona B117 pada periode pengumpulan sampel Januari hingga Februari 2021, tiga sampel diantaranya berada di DKI Jakarta. Satu Kalimantan Selatan, satu Sumatera Utara, dan satu dari Sumatera Selatan.

Kehadiran varian virus Corona B117 ditengah proses vaksinasi nasional ini tidak menghilangkan efektivitas vaksin.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan hingga saat ini vaksin yang digunakan di Indonesia masih efektif dalam menghadapi B117, sehingga masih dapat digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Informasi ini disampaikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk bersikap transparan terhadap perkembangan kasus COVID-19 Nasional, bukan semata-mata untuk membuat panik masyarakat.

Namun, penelitian terkait karakteristik B117 ini masih sangat terbatas. Khususnya, penelitian mengenai perubahan perilaku virus. Sehingga pemerintah terus melakukan penelitian melalui pelacakan genetika juga pemantauan perilaku virus secara konsisten dan intensif.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencegahan Penularan Virus

Pencegahan penularan mutasi virus COVID-19 lintas negara dilakukan melalui proses skrining yang ketat. Wisatawan maupun pendatang asing tidak dapat masuk ke Indonesia sesuai dengan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021.

“Kecuali mereka yang tergolong ke dalam kriteria Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 dan Skema Perjanjian TCA (Travel Coridor Arrangement), dan atau mendapatkan pertimbangan atau izin khusus secara tertulis dari kementrian atau lembaga,” kata Wiku.

WNI yang masuk ke Indonesia wajib melakukan karantina mandiri setelah kedatangannya. Walaupun mereka membawa hasil PCR Negatif, tetap diharuskan melakukan karantina. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa mutasi virus COVID-19 seperti B117 tidak menyebar di Indonesia.

Tracing juga terus dilakukan kepada masyarakat yang memiliki kontak erat dengan mereka yang terjangkit B117.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti   

 
3 dari 3 halaman

Infografis Mutasi Virus Corona Lebih Jinak, Bisa Berubah Ganas di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.