Sukses

Menkes Budi Gunadi Terharu Lansia di Manado Semangat Vaksinasi COVID-19

Liputan6.com, Manado - Ada kesan menarik tatkala Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Manado, Sulawesi Utara pada Jumat, 5 Maret 2021. Rupanya Budi terharu melihat semangat para lansia yang divaksin COVID-19.

"Saya sangat terharu melihat lansia dengan semangatnya ikut vaksinasi COVID-19," tutur Budi usai memberikan keterangan pers di Auditorium Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, ditulis Minggu, 7 Maret 2021.

"Saya kagum juga ya, banyak lansia di Manado. Rata-rata hidupnya panjang di atas 70 tahun. Soalnya Saya seringkali mendengar usia kepala 7 (usia 70-an tahun)."

Penerima vaksinasi lansia pun tidak mengeluhkan alami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) usai divaksin COVID-19. Hanya pegal-pegal di lengan yang dirasakan.

"Antrean vaksinasi cukup aman. Saat masuk ke dalam juga aman dan baik. Pas disuntik enggak sakit, enak aja. Bagus pelayanannya. Jangan takut vaksinasi. Setelah disuntik aman, enggak ada rasa apa-apa," ucap Rustam, penerima vaksinasi lansia.

Begitu juga penerima vaksin bernama Santi Novia, yang tidak mengalami efek samping signifikan. "Agak pegal-pegal aja (di lengan). Vaksinasi ini bagus. Semua orang kan nanti divaksin juga. Jadi, menekan penyebaran virus Corona supaya Indonesia kembali sehat," imbuhnya.

Budi Gunadi menyampaikan, vaksinasi lansia merupakan vaksinasi tahap kedua yang sedang dilaksanakan Pemerintah.

"Vaksinasi tahap dua ini diutamakan adalah lansia. Karena dari 100 orang lansia yang kena (positif COVID-19), lebih dari 50 lansia di antaranya meninggal. Oleh karena itu, memang prioritas kita vaksinasi buat lansia," katanya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

3.000 Lansia di Manado Ikut Vaksinasi COVID-19

Merujuk data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, jumlah sasaran lansia yang mendaftar untuk ikut vaksinasi COVID-19 sebanyak 8.000 orang. Dari hasil skrining, vaksinasi diberikan kepada 3.000 lansia dengan target pelaksanaan selama satu hari.

Dalam proses vaksinasi lansia, penyelenggara menyiagakan 28 vaksinator yang berasal dari RSUP Kandou, UPTD Dinas Kesehatan Sulawesi Utara dan beberapa rumah sakit swasta di Kota Manado.

Budi Gunadi menegaskan, vaksinasi tidak menjamin seseorang terhindar dari penularan COVID-19. Pemberian vaksin berfungsi memberikan kekebalan bagi tubuh, sehingga ketika sakit, gejala lebih ringan.

“Kehati-hatian berperilaku harus terus kita jalankan, yang pasti vaksin mengurangi risiko kita tertular, (COVID-19)” terangnya sebagaimana rilis Kementerian Kesehatan.

Ia mengingatkan seluruh masyarakat, pondasi penting agar terhindar dari penularan COVID-19 dengan perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih sehat, yakni menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak).

3 dari 4 halaman

Infografis Tahapan Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: