Sukses

Mulai Harimu dengan Air Putih Hangat dan Rasakan 10 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh semakin meningkat di tengah situasi pandemi. Salah satu langkah sederhana untuk menuju hidup sehat adalah dengan rutin minum air hangat. Selain menghangatkan tubuh, aktivitas ini memiliki banyak positif bagi tubuh dan benefit tambahan daripada minum air biasa atau suhu ruangan.

Banyak orang melakukan aktivitas minum air hangat sebagai pengobatan kesehatan holistik, yakni minum air hangat pada pagi hari dan tepat sebelum tidur untuk kesehatan yang optimal. Dikutip dari boldsky, berikut ini adalah beberapa manfaat dari minum air hangat.

1. Membantu pencernaan 

Ingin pencernaan Anda lebih sehat, minum air hangat adalah salah satu cara alami. Saat air hangat melewati perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dengan lebih baik dan mampu membuang limbah dengan cepat. Air hangat itu bertindak sebagai pelumas yang membuat pencernaan Anda tetap berjalan.

2 dari 5 halaman

2. Menyembuhkan sembelit

Masalah perut yang umum terjadi disebabkan karena tubuh kurang cairan. Sembelit membuat seseorang susah buang air besar dan terkadang bisa sangat menyakitkan. Minum segelas air panas saat perut kosong di pagi hari dapat memperlancar buang air besar dan menyembuhkan sembelit. Air hangat akan  membantu usus berkontraksi dan membuang timbunan limbah lama dari tubuh.

3. Meredakan hidung tersumbat

Orang yang sakit flu atau pilek pasti disarankan minum air hangat, bukan air dingin. Ini karena uap dari air panas dapat meredakan hidup tersebut, bahkan dapat mengurangi rasa sakit kepala sinus. Menghirup uap dalam-dalam akan melonggarkan sinus yang tersumbat dan karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh leher, minum air panas akan mencegah pembentukan lendir. Sehingga kamu bisa bernafas lebih baik.

3 dari 5 halaman

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Air panas dapat membantu memecah timbunan lemak dan timbunan lain yang menumpuk di sistem saraf. Dengan demikian, meningkatkan sirkulasi darah dan  membantu organ peredaran darah Anda berkembang. Darah mengalir dengan lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

5. Menenangkan sistem saraf 

Efek air hangat yang membuat sirkulasi darah lebih lancar, juga dapat membantu menenangkan sistem saraf dan melumasi tubuh secara menyeluruh, bukan hanya saluran penceraan atau usus saja. Dengan sistem saraf yang berfungsi baik tanpa masalah, rasa sakit dan nyeri pada tubuh Anda akan berkurang.

Pastikan air putih yang kamu pilih dari sumber terpercaya dan berkualitas. Berasal dari air pegunungan alami dan mineral alaminya tetap terjaga dengan teknologi Mineral Protection System. 

6. Meredakan nyeri 

Sirkulasi darah yang lancar ke seluruh jaringan organ, memungkinkan otot-otok tubuh menjadi lebih rileks. Sehingga dapat membantu Anda meredakan semua jenis nyeri dari nyeri sendi hingga kram menstruasi. Jika Anda mengalami sakit perut, sakit kepala atau nyeri tubuh, minum segelas air hangat  untuk mendapatkan bantuan pertolongan instan pertama.

4 dari 5 halaman

7. Mengurangi nyeri haid

Salah satu manfaat utama dari minum air hangat adalah dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Panas air menghasilkan efek menenangkan dan menyejukkan pada otot perut, sehingga meredakan kejang dan kram.

8. Menghilangkan racun 

Saat Anda minum air hangat secara teratur, sistem endokrin tubuh akan aktif dan menyebabkan Anda berkeringat. Ini membantu membuang racun dan menghilangkannya dari tubuh.

9. Mengelola stres 

Ingin meredakan atau bahkan menghilangkan stres dengan instan, segera minum air hangat. Efek air hangat yang menenangkan sistem saraf, membuat otak And menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga tingkat stres Anda bisa ditekan dan dihilangkan.

5 dari 5 halaman

10. Membantu menurunkan berat badan

Kabar gembira bagi anda yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan. Karena minum air hangat tak hanya dapat menaikkan suhu tubuh dan meningkatkan metabolisme, namun juga membantu Anda terbebas dari kalori dan timbunan lemak di tubuh.

Minumlah segelas air hangat dengan lemon atau madu atau keduanya, setelah setiap makan. Lemon memiliki serat pektin yang mengontrol keinginan makan dan sangat ideal untuk orang yang menjalani diet alkali.

Agar kapan saja bisa minum air hangat saat beraktivitas di luar, kamu bisa bawa tumbler sendiri yang berkualitas dan bisa menjaga air hangat lebih lama.

 

(*)