Sukses

Vietnam Bakal Terima Vaksin COVID-19 dari COVAX pada Kuartal Pertama 2021

Pemerintah Vietnam memperkirakan akan mendapat akses untuk menerima vaksin virus Corona dari COVAX pertamanya, pada kuartal pertama tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Vietnam memprediksi mendapat akses untuk menerima vaksin virus COVID-19 dari COVAX pertamanya, pada kuartal pertama 2021. Hal itu disampaikan pemerintah Vietnam dalam pernyataan resmi pada Jumat, 5 Februari 2021. 

Dilansir laman Channel News Asia, pemerintah Vietnam menyebut Kementerian Kesehatan Vietnam atas penggunaan vaksin dari COVAX di negaranya.

COVAX sendiri, merupakan program yang dirancang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizatin/WHO), aliansi vaksin GAVI, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, dan Dana Anak-anak PBB.

Program ini bertujuan untuk menyatukan upaya negara-negara anggotanya, dan menjamin kesetaraan akses secara global terhadap vaksin COVID-19, sehingga nantinya tidak hanya negara kaya, namun negara berpenghasilan rendah juga dapat mendapat vaksin

COVAX telah mengalokasikan setidaknya 330 juta dosis vaksin COVID-19 untuk negara-negara miskin dan bertujuan untuk memberikannya dan jutaan lainnya pada paruh pertama tahun 2021.

Melansir laman Vnexpress, Vietnam bakal mendapatkan 4,8 juta dosis vaksin COVID-19 dari COVAX.  

 

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setujui Vaksin AstraZeneca

Kementerian Kesehatan Vietnam telah menyetujui vaksin dari AstraZeneca untuk inokulasi domestik pada 30 Januari lalu.

Pemerintah Vietnam juga dikabarkan akan membeli hingga 30 juta dosis vaksin AstraZeneca pada batch pertama, dan akan tiba pada akhir Maret 2021.

Vietnam mencatat 19 kasus COVID-19 lagi pada Jumat (05/02/2021), dan mengatakan wabah baru-baru ini telah meluas ke setidaknya 11 kota dan provinsi.

Sementara berdasarkan data dari WHO, per Jumat kemarin pukul 05.00, total kasus positif COVID-19 di Vietnam hanya 1.957 kasus, dengan diikuti 35 kasus kematian. Jumlah tersebut merupakan terendah di Asia.

 

(Penulis: Rizki Febianto)

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • COVAX

  • who