Sukses

Satgas COVID-19: Meningkatkan Kesembuhan Lansia dan Kelompok Rentan Jadi PR Bersama

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan upaya meningkatkan kesembuhan lansia dan kelompok rentan menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. Terlebih lagi kedua kelompok ini memiliki risiko kematian akibat COVID-19 yang tinggi.

"Ini masih menjadi PR kita bersama untuk meningkatkan kesembuhan pada lansia dan kelompok rentan. Bagi kelompok rentan yang menunjukkan gejala COVID-19 atau konfirmasi positif, harap segera melaporkan kepada fasilitas kesehatan setempat," ujar Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/2/2021).

"Ya, supaya mendapatkan perawatan dengan cepat dan tidak terlambat ditangani. Dengan begitu, angka kenaikan kesembuhan dapat kita dongkrak secara lebih signifikan," katanya.

Perkembangan kesembuhan mingguan COVID-19 secara nasional per 31 Januari 2021 naik 22,6 persen dibanding minggu sebelumnya. Data juga memperlihatkan, kesembuhan Indonesia naik selama 8 minggu berturut-turut.

"Peningkatan kasus kesembuhan harus kita dorong terus. Pada minggu ini, kesembuhan naik 22,6 persen dibanding minggu sebelumnya. Ini adalah kabar baik, yang berarti kesembuhan di Indonesia mengalami kenaikan selama 8 minggu berturut-turut," jelas Wiku.

Provinsi dengan kesembuhan COVID-19 tertinggi per 31 Januari 2021 didominasi Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat (naik 3.618), Banten (naik 2.991), Jawa Tengah (naik 2.159), Kalimantan Utara (naik 1.942), dan Yogyakarta (naik 885).

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Upaya Tingkatkan Kesembuhan COVID-19

Angka kesembuhan COVID-19, menurut Wiku, dapat dicapai dengan kedisiplinan masyarakat dalam menjalani isolasi mandiri bagi pasien positif tanpa gejala atau gejala ringan. Kemudian upaya keras dari tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di rumah sakit untuk gejala sedang dan berat.

"Mohon agar tidak berpuas diri dengan kondisi ini (kenaikan kesembuhan) dan terus lakukan upaya yang terbaik untuk meningkatkan kesembuhan," lanjutnya.

"Kepada pasien COVID-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri, usahakan sedisiplin mungkin meningkatkan daya tahan tubuh dan mengkonsumsi vitamin juga obat-obatan."

Pasien COVID dapat berkonsultasi kepada puskesmas setempat bila membutuhkan bantuan.

"Mohon segera lapor ke puskesmas terdekat untuk ditangani. Jangan sampai terlambat agar nyawa dapat diselamatkan," pesan Wiku.

3 dari 4 halaman

Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: