Sukses

Anies Baswedan Bangga, Relawan PMI DKI Jakarta Berupaya Cegah COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rasa bangga kepada relawan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta atas upaya pencegahan COVID-19. Menurutnya, PMI telah tanggap, sigap, dan bergerak aktif membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Salah satu upaya PMI menangani COVID-19, yakni menggerakkan masyarakat melakukan disinfeksi di pemukiman, perkantoran, sarana pendidikan, fasilitas sosial serta fasilitas umum lainnya.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sampaikan rasa hormat dan bangga kepada seluruh relawan PMI DKI Jakarta, yang telah mengerakkan potensi yang dimiliki dalam mendukung penanganan COVID-19 di Jakarta," ucap Anies saat memimpin Apel Kesiapsiagaan COVID-19 di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Pada apel yang berlangsung, Anies Baswedan juga melepas tim spraying disinfektan massal yang akan melakukan penyemprotan disinfeksi ke 44 wilayah kecamatan di kota/kabupaten di DKI Jakarta.

"Keberhasilan upaya penanganan COVID-19 sangat tergantung peran masyarakat. Dibutuhkan kerjasama dan keterlibatan semua pemangku kepentingan dari RT, RW, institusi pemerintah, dunia usaha, lembaga sosial kemasyarakatan," tuturnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

PMI DKI Jakarta Dukung Meminimalisir Penyebaran COVID-19

Anies juga mengajak jajaran pemerintah kota dan kabupaten serta SKPD/UKPD DKI Jakarta untuk terus menerus melakukan pembinaan dan membantu kegiatan-kegiatan Kepalangmerahan yang dilaksanakan PMI.

"Alarm kewaspadaan menghadapi pandemi COVID-19 akan Saya sampaikan untuk didengar oleh seluruh masyarakat. Bahwa pandemi belum usai dan harus tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan," ajaknya.

Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Effendi menambahkan, sebagai lembaga sosial kemanusiaan, PMI memiliki tugas dan fungsi sebagai mitra pemerintah dalam penanganan bencana, termasuk terlibat penanganan pandemi COVID-19.

"Dengan segala potensi yang dimiliki, PMI Provinsi DKI Jakarta senantiasa mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan melaksanakan sejumlah upaya pencegahan dan minimalisasi penyebaran COVID-19," kata Rustam melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

3 dari 5 halaman

Bantuan PMI DKI Jakarta untuk Pencegahan COVID-19

Sejak 13 Maret hingga Desember 2020, PMI DKI Jakarta telah menyalurkan bantuan sembako sebanyak 318.983 paket, bantuan 202.000 paket PHBS, dan bantuan 406 unit wastafel portabel.

Untuk kegiatan spraying disinfektan telah dilakukan penyaluran bantuan alat spraying portable kepada masyarakat sebanyak 3.020 unit. Penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di 109.841 titik lokasi.

"Kedepan, kami akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban kami karena telah dipercaya dan didukung oleh masyarakat dalam kegiatan penggalangan dana kemanusiaan Bulan Dana PMI," lanjut Rustam.

Saat apel hari ini, PMI DKI Jakarta juga mengerahkan 50 relawan serta menyiapkan 12 unit kendaraan taktik gunner spraying, 50 alat spraying portable, 25 max spraying, 20 bentor, dan menyalurkan bantuan 3.000 paket PHBS, serta 144.000 batang sabun cuci tangan.

4 dari 5 halaman

Infografis Kantor dan Area Komunitas Rawan Penularan Covid-19

5 dari 5 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: