Sukses

Mengenal Energy Vampire, Sosok Egois dan Sok Paling Menderita di Sekitar Kita

Seorang energy vampire bisa berada dimana saja dan menjadi siapa saja. Mereka bisa jadi pasangan, teman, bahkan anggota keluarga lain.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai seseorang yang selalu mengeluh dan melihat semua hal dari sisi negatif. Dia juga ahli memengaruhi kita untuk mengikuti kebiasaannya tersebut. Mereka biasa disebut dengan energy vampire.

Dilansir dari laman Healthline pada Jumat, 1 Januari 2021, energy vampire memiliki pengertian sebagai orang-orang (yang sengaja maupun tidak) menguras emosi kita, membuat kita kelelahan, dan tidak bahagia saat berinteraksi dengan mereka.

Seorang energy vampire bisa berada di mana saja dan menjadi siapa saja. Mereka bisa jadi pasangan, teman, bahkan anggota keluarga lain.

Seorang energy vampire, memiliki beberapa ciri yang dapat diidentifikasi. Saat kita berhasil mengidentifikasinya, kita dapat mengindari orang tersebut. Berikut beberapa cirinya:

- Egois

Seorang energy vampire, menolak untuk bertanggung jawab atas masalah yang dia buat. Dia cenderung merasa yang dilakukannya benar, dan menyalahkan orang lain atas masalah tersebut.

- Dramatis

Membesar-besarkan masalah yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan mudah. Dia juga melimpahkan masalah tersebut ke orang lain dengan harapan orang tersebut dapat menyelesaikannya.

- Merasa Superior

Energy vampire sering memaksakan kehendak dan keinginan mereka dalam kehidupan orang lain. Ia juga menganggap ide dan hasil pemikirannya merupakan yang terbaik.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Lain

- Merasa Jadi yang Paling Menderita

Seorang energy vampire, cenderung meremahkan masalah orang lain. Dia akan berkata bahwa masalah orang lain tidak sebanding dengan masalahnya.

- Sering Mengintimidasi

Seorang energy vampire kerap melemparkan kata-kata yang membuat orang lain terintimidasi. Membuat orang lain merasa bersalah sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan

- Cara Merespons

Jika orang dengan energy vampire tersebut adalah salah satu orang yang tidak bisa kita hindari atau jauhi, seperti teman sekolah atau saudara, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara meresponsnya.

Sehingga kita dapat menghemat energi dan melindungi diri dari tekanan mental. Berikut beberapa hal yang di antaranya yang dapat dilakukan:

 

3 dari 3 halaman

Ciri Berikutnya

- Jangan Terlalu Menanggapinya

Saat seorang energy vampire sedang meluapkan masalahnya kepada kita. Dia berharap akan mendapatkan respons yang panjang dengan rasa emosional yang tinggi.

Jika kita hanya menjawab mereka dengan singkat dan santai, memungkinkan mereka untuk tidak melanjutkan yang dilakukannya.

- Jangan Terlalu Fokus Padanya

Alihkan perhatian atau fokus kita kepada hal yang lebih positif dan selalu berusaha untuk tetap optimis dalam menghadapi berbagai topik permasalahan.

- Tetapkan batasan

Jangan terlalu sering menyetujui ajakan seseorang dengan energy vampire untuk melakukan aktivitas bersama, seperti makan malam bersama atau perjalanan akhir pekan berdua. 

 

(Rizki Febianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.