Sukses

Menkes Budi Ungkap Jadwal Vaksinasi COVID-19, Masyarakat Umum Urutan Ketiga

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, jadwal vaksinasi COVID-19 sesuai kelompok prioritas. Target periode vaksinasi COVID-19 terdapat dua gelombang, yang mana pelaksanaannya dimulai Januari 2021.

Masing-masing gelombang berdasarkan kelompok sasaran penerima vaksin Corona. Berikut ini, rencana jadwal dan tahapan vaksinasi COVID-19:

Gelombang Pertama: Periode Vaksinasi Januari - April 2021

1. Prioritas pertama, tenaga kesehatan. Vaksinasi menyasar 1,3 juta tenaga kesehatan yang dilakukan bertahap secara hati-hati di 34 provinsi.

"Semua negara pasti tahap pertamanya adalah tenaga kesehatan. Mereka garda terdepan yang paling penting di masa pandemi krisis COVID-19 ini. Semua negara konsisten, tenaga Kesehatan merupakan prioritas pertama yang akan divaksin," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

2. Prioritas kedua, petugas pelayanan publik. Sasaran penerima vaksin Corona 17,4 juta orang. Penerima vaksin pada kelompok ini juga ditujukan untuk 21,5 juta lansia.

Untuk usia 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin COVID-19 untuk kelompok umur tersebut.

"Lansia kita taruh di belakang, karena kami ingin memastikan bahwa semua data mengenai pemberian vaksin kepada grup lansia ini sudah fix," lanjut Budi.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Gelombang Kedua Vaksinasi COVID-19

Gelombang Kedua: Periode Vaksinasi April 2021 - Maret 2022

3. Prioritas ketiga, masyarakat rentan. Masyarakat di daerah dengan risiko penularan virus Corona tinggi. Sasaran penerima vaksin sebanyak 63,9 juta orang.

4. Prioritas keempat, masyarakat lainnya. Sasaran penerima vaksin Corona sebanyak 77,4 juta orang dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.

Untuk rencana vaksinasi COVID-19, kata Budi, sudah berkonsultasi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). ITAGI adalah badan independen yang memberikan advice (saran) kepada Menteri Kesehatan terkait dengan program vaksinasi,

"Kami sudah berdiskusi dengan mereka dan tahapan pelaksanaan vaksinasi," katanya.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: