Sukses

Obat Herbal Tidak Memiliki Efek Samping, Apa Kata Ahli?

Liputan6.com, Jakarta - Obat herbal adalah obat yang berasal dari tumbuhan dan biasanya diolah secara mandiri dan sederhana. Obat herbal yang disebut obat alami acap kali dianggap sangat aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping.

Menurut dr Ratna Asih, MSi dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) anggapan tersebut tidak benar, tapi juga tidak terlalu salah,“Anggapan itu tidak benar, tidak juga terlalu salah. Banyak tanaman tertentu yang penggunaannya harus tepat.”. 

Dengan kata lain, jika penggunaan obat herbal tertentu itu tidak tepat, dapat pula menimbulkan efek samping.

Obat herbal sendiri memiliki beberapa jenis, ada jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka atau obat bahan alam yang terbukti aman secara ilmiah.

“Jamu ini syaratnya harus sudah terbukti secara empiris dalam kurun waktu 150 tahun atau 3 generasi," kata Ratna.

Salah satu jenis jamu yang terbukti aman selama 150 tahun atau tiga generasi adalah beras kencur. Namun, saat ini banyak juga tanaman herbal baru seperti pemakaian daun sirsak, salam, dan kayu manis  yang ternyata menimbulkan efek samping.

Setelah penelitian lebih lanjut, beberapa tanaman tersebut menimbulkan efek samping jika takaran, waktu pengolahan, dan kondisi peminum tidak diperhatikan.

 

2 dari 4 halaman

Termasuk Pengembangan Kesehatan Tradisional

Walau beberapa tanaman dapat menimbulkan efek samping, namun penggunaan tanaman obat ini termasuk dalam upaya pengembangan kesehatan tradisional.

Hal ini diatur dalam UU No. 36 Tahun 2000 dan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 9 tahun 2016.

UU tersebut mengatur tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pelayanan kesehatan tradisional oleh pemerintah.

Salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah dengan mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri melalui asuhan mandiri.

Asuhan mandiri (Asman) adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri. Asman dapat dilakukan dengan memanfaatkan taman obat keluarga (TOGA).

3 dari 4 halaman

Infografis Geger Obat PCC

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: