Sukses

Cari Tahu Kandungan Gizi dari Tiap Hidangan Khas Natal

Liputan6.com, Jakarta Menyambut perayaan Natal, biasanya umat Kristiani akan menghabiskan waktu berkumpul bersama teman atau keluarga sambil menyantap hidangan khas Natal.

Hidangan Natal terdiri dari berbagai jenis makanan. Menariknya, selain enak, makanan khas Natal juga memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda, dan tentunya bermanfaat untuk tubuh.

Berikut hidangan khas yang umum tersedia saat Natal:

Daging Kalkun

Meski memiliki rasa dan tekstur mirip daging ayam, unggas yang satu ini memiliki jumlah nutrisi yang lebih besar dibanding ayam. Dilansir dari Qluhealth, kalkun banyak mengandung nutrisi penting yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kalkun juga banyak mengandung protein dan sumber vitamin, terutama vitamin B6 untuk fungsi otak dan B12 untuk pembentukan sel darah merah.

Kentang

Kentang kerap jadi salah satu bahan utama hidangan Natal. Jenis umbi-umbian ini banyak mengandung kalium, vitamin C dan B6, dimana semua nutrisi tersebut berguna untuk kesehatan jantung. Namun, dianjurkan memasak kentang bersamaan dengan kulitnya, karena kulit kentang banyak mengandung nutrisi yang berguna untuk mengontrol tekanan darah, memaksimalkan metabolisme tubuh, dan mencegah anemia.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kue Jahe

Kacang Panggang

Kandungan gizi pada kacang panggang tergantung pada jenis kacangnya. Kaca mete banyak mengandung protein, zat besi dan seng, yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah anemia, dan menjadi sumber energi. Sementara kacang kenari adalah sumber nabati dari asam lemak omega-3 yang berguna untuk menurunkan peradangan.

Kue Jahe

Sesuai namanya, kue ini memiliki bahan utama jahe. Jahe memang dikenal memiliki banyak khasiat, selain menghangatkan tubuh, jahe juga mengandung senyawa gingerol sebagai antioksidan yang kuat, dan mampu mengurangi stres oksidatif akibat kelebihan jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, kandungan jahe juga dikenal mampu mengatasi rasa mual, terutama pada wanita hamil.

Puding Natal

Dilansir dari Pudforallseason.com, puding natal biasa dibuat dengan tambahan buah-buahan kering dan kacang-kacangan seperti walnut dan almond. Buah-buahan kering banyak mengandung serat, antioksidan, vitamin, kalium dan zat besi yang dapat membantu menjaga tekanan darah, mengontrol gula darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Sementara untuk kacang-kacangan, banyak mengandung vitamin E, malatonin, dan omega 3 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

 

(Rizki Febianto)

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.