Sukses

Penerima Vaksinasi COVID-19 Akan Dikirim SMS dan Verifikasi Lokasi Pelaksanaan

Penerima vaksinasi COVID-19 akan dikirim SMS dan harus verifikasi lokasi pelaksanaan.

Liputan6.com, Jakarta Sasaran penerima vaksinasi COVID-19 rupanya akan dikirim pesan singkat (SMS) dan harus verifikasi lokasi pelaksanaan pemberian vaksin Corona. Mekanisme ini khususnya menyasar target penerima vaksinasi COVID-19 program pemerintah.

Berdasarkan Petunjuk Teknis Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Tahun 2020, data sasaran vaksinasi program diperoleh secara top-down melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19, yang bersumber dari Kementerian/Lembaga terkait atau sumber lainnya meliputi nama, NIK, dan alamat tempat tinggal sasaran.

Dari Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19 dilakukan penyaringan data (filtering), diperoleh sasaran kelompok penduduk vaksinasi COVID-19.

Data sasaran penerima vaksinasi yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) ditentukan oleh Pemerintah Pusat dengan mekanisme sebagai berikut:

a. Sasaran penerima vaksinasi akan menerima notifikasi/pemberitahuan melalui SMS Blast dengan ID pengirim: PEDULICOVID.

Selanjutnya, sasaran akan melakukan registrasi ulang untuk memilih tempat serta jadwal layanan melalui SMS 1199, UMB*119#, aplikasi Peduli lindungi, web peduli lindungi.id atau melalui Babinsa/Bhabinkamtibnas setempat.

Layanan SMS dan UMB tidak dikenakan biaya (gratis). Sasaran penerima vaksinasi yang tidak memiliki HP akan dikompilasi datanya, lalu dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Verifikasi dari Penerima Vaksinasi COVID-19

b. Konfirmasi dari sasaran sebagaimana dimaksud pada poin a meliputi juga upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengonfirmasi domisili serta self-screening sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita.

Apabila tidak ada respons dari sasaran maka verifikasi akan dilakukan oleh Babinsa/Bhabinkamtibnas. Dari sistem yang ada dapat diketahui siapa saja sasaran yang belum terverifikasi, akses aplikasi akan diberikan untuk anggota Babinsa dan Bhabinkamtibnas tersebut untuk melakukan verifikasi sasaran.

c. Setelah penerima melakukan verifikasi, penerima memilih lokasi pelaksanaan dan jadwal vaksinasi. Kemudian Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19 akan mengirimkan tiket elektronik sebagai undangan kepada masing-masing sasaran penerima vaksin COVID-19 yang telah terverifikasi.

d. Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi PL (Peduli Lindungi) kepada sasaran.

3 dari 4 halaman

Akses Petugas Faskes Terhadap Penerima Vaksinasi COVID-19

Data sasaran penerima Vaksinasi COVID-19 yang telah terverifikasi serta penjadwalan vaksinasi masing-masing sasaran dapat diakses oleh petugas Fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan aplikasi Pcare Vaksinasi.

Mekanisme akses sasaran penerima vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi Pcare Vaksinasi sebagai berikut:

1. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota menyerahkan data fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk puskesmas dan pos vaksinasi, yang telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

2. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk pembuatan hak akses (username dan password) aplikasi Pcare Vaksinasi bagi fasilitas pelayanan kesehatan dan pos vaksinasi pelaksana vaksinasi COVID-19.

3. Petugas pelaksana layanan vaksinasi COVID-19 mengakses aplikasi Pcare Vaksinasi melalui alamat https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin/ menggunakan browser yang terdapat pada komputer/laptop/handphone yang terkoneksi internet, lalu log in menggunakan username dan password yang sudah didapatkan.

4.Detail penggunaan aplikasi Pcare Vaksinasi untuk pendataan fasyankes dapat dilihat pada User Manual Pcare Faskes dengan mengunduh pada tautan http://bit.ly/LampiranJuknisVC19.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.