Sukses

440 Ribu Tenaga Kesehatan dan 23 Ribu Vaksinator Disiapkan untuk Vaksinasi COVID-19

Per 5 Desember 2020, Kemenkes telah melakukan pelatihan vaksinasi COVID-19 ke 12.408 orang, untuk 21 provinsi

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengungkapkan bahwa sebanyak 440 ribu tenaga kesehatan dan 23 ribu vaksinator disiapkan demi berjalannya vaksinasi COVID-19 ke seluruh daerah.

"Sampai dengan 5 Desember, dari data yang saya dapat, sudah dilakukan pelatihan sebanyak 12.408 orang, untuk 21 provinsi," kata Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi dalam pernyataan videonya, ditulis Selasa (15/12/2020),

Dalam video yang diunggah di saluran Youtube BNPB, Oscar menambahkan, workshop persiapan bagi tenaga vaksinator untuk vaksinasi COVID-19 telah dilangsungkan bagi 29.635 orang dari 34 provinsi.

"Artinya semua berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu, kita jaga dari sisi jumlah, dari sisi proporsional dari semua provinsi akan tercakup," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosialisasi APD

Oscar juga mengatakan bahwa Kemenkes juga menyiapkan sosialisasi mengenai Alat Pelindung Diri (APD) ke seluruh pelatihan vaksinator.

"Sekaligus penyediaan cold chain, logistik pendukung, termasuk APD level satunya," kata Oscar.

"Jadi rencana itu sudah berjalan dan diikuti dengan penyiapan-penyiapan pembiayaan yang sudah diukur dan direncanakan dengan baik," Oscar menambahkan.

Selain itu, Oscar juga mengatakan bahwa edukasi mengenai vaksin COVID-19 juga harus dilakukan. Dia mengatakan, segala upaya harus dilakukan sampai ke daerah-daerah.

"Teman-teman di dinas kesehatan, di puskesmas, di ujung tombak fasyankes-fasyankes yang benar-benar jadi aktornya nanti," katanya.

"Kita berharap tidak semata-mata pesan yang sulit-sulit diterima masyarakat kita. Kalau memang bisa bersifat local wisdom, bahasa-bahasa daerah yang bisa disampaikan ke masyarakat, karena akan lebih baik."

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.