Sukses

Arab Saudi akan Gratiskan Vaksin COVID-19 pada Warganya

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengungkapkan bahwa mereka akan membuat vaksin COVID-19 tersedia secara gratis bagi warga negaranya dan ekspatriat yang ada di sana.

Dikutip dari Gulf News pada Selasa (24/11/2020), Abdullah Asiri dari Kemenkes Arab Saudi berharap bahwa akhir tahun 2021, 70 persen masyarakat sudah tercakup vaksinasi COVID-19.

"Mereka yang belum dites positif COVID-19 akan diberikan prioritas dalam kampanye vaksin di beberapa bulan mendatang," kata Asiri seperti dikutip dari Arab News.

Namun, masyarakat yang berusia di bawah 16 tahun belum boleh mendapatkan vaksin COVID-19, kecuali hasil penelitian dan tes lanjutan membuktikan bahwa hal tersebut dibutuhkan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

2 dari 4 halaman

Akses Vaksin Melalui Covax

Selain itu, Asiri mengatakan bahwa mereka akan mendapatkan vaksin melalui Covax, pilar vaksin dari Access to COVID-19 Tools Accelerator yang diluncurkan oleh G20, serta perusahaan di luar konsorsium tersebut.

"Arab Saudi akan mendapatkan vaksin dalam jumlah besar melalui fasilitas ini (Covax), sedangkan jalur kedua, melakukan kontrak langsung dengan perusahaan besar untuk menutupi celah yang tidak dapat ditutup lewat Covax."

Kerajaan Arab Saudi sendiri direncanakan akan mengumumkan jadwal resmi dari kedatangan vaksin COVID-19 dalam beberapa pekan mendatang.

Asisten dan juru bicara Menteri Kesehatan, Muhammad Al-Abd Al-Aly mengatakan, kementeriannya hanya akan menyediakan vaksin COVID-19 yang efektif melawan virus, tidak memiliki efek samping, dan disetujui oleh otoritas terkait.

Mengutip Worldometer per 24 November 2020 pukul 11:52 WIB, total kasus COVID-19 di Arab Saudi mencapai 355.489 dengan kasus aktif saat ini mencapai 5.877. Sebanyak 343.816 kasus sudah dinyatakan sembuh dan 5.796 orang meninggal dunia.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Langkah Pulang Umrah Bebas Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini