Sukses

Pusat Perbelanjaan dan Restoran Ramai Saat Libur Panjang, Pengunjung Belum Patuh 3M

Pusat perbelanjaan dan restoran ramai saat libur panjang, pengunjung belum patuh terapkan 3M.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat libur panjang, dari 28 Oktober sampai 1 November 2020, pusat perbelanjaan dan restoran juga ikut dipadati. Dari hasil pantauan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, pengunjung di kedua lokasi ini belum sepenuhnya mematuhi 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun).

"Lokasi lain yang dikunjungi wisatawan saat libur panjang adalah pusat perbelanjaan juga restoran. Untuk dua lokasi ini terlihat masyarakat belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan," jelas Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (5/11/2020).

"Termasuk memakai masker dan menjaga jarak. Kami ingin mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa di manapun dan apapun aktivitasnya, protokol kesehatan 3M merupakan hal yang harus secara disiplin dilakukan."

Wiku melanjutkan, protokol kesehatan 3M sebagai upaya perlindungan utama bagi kita dan orang-orang terdekat dari paparan COVID-19.

"Apabila kita lengah sedikit saja, maka kita telah membuka diri terhadap potensi tertular COVID-19. Oleh karena itu, tetaplah disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," lanjutnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Kerumunan Mal dan Warung

Satgas COVID-19 melihat beberapa tempat restoran saat libur panjang yang justru ramai kerumunan, seperti di mal di Pulau Bali, restoran di Jawa Barat, dan sejumlah warung di Riau.

"Di sana jaga jarak sudah dilakukan, tetapi masih (terlihat) berkerumun dan cukup lama berkerumun. Setelah selesai menikmati hidangan, mereka berkerumunan di depan ruko," imbuh Wiku.

Di sisi lain, Wiku juga mengapresiasi upaya Satgas COVID-19 Daerah yang bekerja keras melakukan edukasi protokol kesehatan.

"Pada kesempatan ini, Saya juga ingin mengapresiasi dan berterima kasih atas peran dari Satgas Penanganan COVID-19 di daerah yang tanpa lelah melakukan monitoring edukasi juga penegakan disiplin protokol kesehatan 3M kepada masyarakat selama libur panjang tersebut," ujarnya.

"Dari laporan yang terus masuk kepada kami di Satgas Nasional, melebihi 500 laporan dalam waktu 1 detik dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Saya meminta agar Satgas Daerah terus melakukan monitoring ini dan menegakkan disiplin pada masyarakat agar kasus positif dapat terus ditekan."

3 dari 3 halaman

Infografis Pembukaan Mal Vs Tingginya Kasus Covid-19 di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.