Sukses

Satgas COVID-19: Kedisiplinan Warga Memakai Masker Saat Libur Panjang Menurun

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memaparkan data bahwa selama libur panjang pekan lalu kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan menurun.

Bila dilihat dari kedisiplinan memakai masker, terlihat ada sedikit penurunan dibandingkan hari yang sama di pekan sebelumnya. Penurunan terjadi sekitar 2-3 persen seperti dijelaskan oleh Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah.

"Yang paling terlihat itu pada hari Sabtu dari 89 menjadi 86 persen yang memakai masker ," kata Dewi ditayangkan di akun YouTube BNPB pada Rabu (4/11/2020).

Ada beberapa kemungkinan para wisatawan sedikit abai menggunakan masker. Bisa saja, kata Dewi, karena melihat contoh orang lain tidak memakai masker jadi ikut melepaskan maskernya.

"Penggunaan masker sudah tinggi di angka 80 persen-an, itu artinya orang-orang sudah terbiasa memakai masker ketika keluar rumah. Namun, pada saat libur panjang ada sedikit penurunan yang memakai masker," kata Dewi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Sulit Jaga Jarak

Satgas COVID-19 juga memantau mengenai perilaku jaga jarak saat di tempat publik pada libur panjang lalu. Perilaku menjaga jarak menurun sekitar lima persen dibandingkan hari yang sama di pekan sebelumnya.

"Angka yang tinggi di hari Kamis dan Sabtu libur panjang kemarin. Kamis misalnya dari 87 menjadi 79 persen yang menjaga jarak," jelas Dewi.

Hal ini terjadi karena mungkin banyak orang berkumpul menjadi satu sehingga jadi sulit berkumpul.

3 dari 3 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?