Sukses

Pulang dari Perjalanan Libur Panjang, Satgas Minta Masyarakat Segera Tes COVID-19

Pulang dari perjalanan libur panjang, Satgas minta masyarakat segera jalani tes COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta masyarakat yang pulang dari perjalanan libur panjang segera menjalani tes COVID-19. Upaya ini memastikan bila terjadi penularan COVID-19.

"Bagi masyarakat yang pulang dari perjalanan libur panjang untuk segera melakukan testing (tes COVID-19)," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (3/11/2020).

"Hal ini dalam rangka memastikan antisipasi bila terjadi atau tertular COVID-19."

Jika testing menunjukkan hasil positif COVID-19, maka segera lakukan karantina di fasilitas yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Masyarakat perlu mengikuti anjuran dari tenaga kesehatan agar perawatan (treatment) berjalan secara efektif.

"Dan juga mempercepat kesembuhan, sehingga angka kematian juga dapat ditekan," imbuh Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterbukan Informasi Saat Tracing

Selama proses testing, tracing (pelacakan kontak), dan treatment, masyarakat diminta mendukung upaya tersebut. Terutama terbuka memberikan informasi. Misal, riwayat penyakit, riwayat perjalanan, dan kontak dengan siapa saja.

"Harus bersifat terbuka ketika tracing dilakukan. Keterbukaan masyarakat merupakan kunci utama dalam lacak kontak terdekat sekaligus memastikan mereka memeroleh perawatan atau treatment yang lebih dini dan baik," tambah Wiku.

Wiku juga menyampaikan, Satgas COVID-19 mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi COVID-19, termasuk masyarakat dan pemerintah yang menerapkan protokol kesehatan.

"Saya ucapkan terimakasih atas usaha dan kerja keras, serta kesabaran baik masyarakat, tenaga kesehatan, relawan maupun pemerintah dalam menjalani kehidupan baru dengan beradaptasi terhadap COVID-19," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.