Sukses

Doni Monardo Bakal Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB

Doni Monardo yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari IPB University

Liputan6.com, Jakarta Doni Monardo yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari IPB University. Ada beberapa alasan yang membuat peserta Rapat Pleno Senat Akademik menyetujui pemberian gelar kehormatan tersebut.

IPB menilai Doni Monardo tepat untuk memperoleh pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi dan dedikasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (IPTEKS). Terlebih, Doni juga berjasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan.

Kontribusi besar yang dilakukan Doni dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan juga jadi aspek yang dilihat oleh IPB. Hal tersebut bisa dilihat dari jejak kariernya terdahulu baik saat mulai bertugas di Aceh, kemudian Danrem 061/Surya Kencana Bogor, selanjutnya sebagai Danjen Kopasus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, Sesjen Wantannas dan kini Kepala BNPB.

“Pengabdian dan jasa beliau yang luar biasa bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, pendidikan, pembangunan pertanian dalam arti luas serta kemanusiaan akan menjadi inspirasi bagi kita semua,” kata rektor IPB, Arif Satria, dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

 

Berikut, lima alasan IPB memberikan gelar kehormatan bagi Doni yakni:

1. Membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan ketrampilan (environmental awareness and training); 2. Memobilisasi sumber daya (resource mobilization) dan membangun jaring kerja kolaborasi (pentahelix)

3.Memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem

4. Membangun kolaborasi penegakan hukum

5. Melakukan advokasi kebijakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini