Sukses

3 Cara Sederhana Redam Stres dalam 3 Menit Ala Andrea Dian

Pemicu stres dapat datang dari mana saja. Tekanan kerja, masalah di rumah, dan kehidupan kota yang sibuk dapat berdampak besar pada kesehatan emosional atau bahkan fisik.

Liputan6.com, Jakarta Pemicu stres dapat datang dari mana saja. Tekanan kerja, masalah di rumah, dan kehidupan kota yang sibuk dapat berdampak besar pada kesehatan emosional atau bahkan fisik.

Dalam meredam stres, aktris Andrea Dian memiliki caranya sendiri. Sebagai influencer yang memiliki beragam aktivitas ia membutuhkan waktu rehat dari segala kesibukan. Menurutnya, meredam stres tidak selalu harus dilakukan dengan jalan-jalan atau kegiatan yang menguras isi dompet.

Maka dari itu, ia menciptakan kegiatan peredam stresnya sendiri dengan cara sederhana dalam durasi 3 menit.

3 cara meredam stres yang menjadi andalannya adalah “stretching dan latihan pernapasan, be creative, dan bersyukur,” katanya dalam keterangan pers Realme, Kamis (15/10/2020).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Stretching dan Latihan Pernapasan

Melakukan olahraga kecil dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Contoh olahraga sederhana yang dapat dilakukan adalah stretching atau peregangan. Lakukanlah peregangan tangan dan kaki selama 3 menit, katanya.

“Olahraga kecil yang juga dapat dilakukan adalah latihan pernapasan. Dalam hal ini, kamu cukup mengambil napas panjang dan mengembuskannya secara perlahan. Kegiatan ini dipercaya dapat membuat kamu lebih tenang.”

Aktris sekaligus sports enthusiast ini juga dikenal rutin melakukan olahraga di sela-sela kegiatannya di rumah. Di tengah kesibukannya yang padat, menyempatkan diri untuk stretching selama 3 menit mampu mengembalikan kebugaran tubuhnya untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Be Creative

Kegiatan kedua yang dapat dilakukan adalah aktivitas yang berhubungan dengan seni. Bagi Andrea, seni dapat menjadi cara terbaik untuk melepas stres. Dalam sebuah penelitian, melakukan kegiatan seni memungkinkan kita untuk bisa menyalurkan emosi dan perasaan secara konstruktif.

“Kegiatan seni yang dapat dilakukan di rumah dalam 3 menit misalnya mendengarkan musik lewat aplikasi streaming, melakukan doodling, atau melukis. Hal-hal seperti ini dipercaya dapat melepas stres.”

4 dari 5 halaman

Bersyukur

“Situasi stres biasanya menempatkan kita dalam keadaan terjepit. Padahal jika kita melihat lebih dalam, ada banyak berkah yang didapatkan selama ini di dalam hidup. Nah berangkat dari hal tersebut, kita bisa mulai belajar bersyukur,” ujarnya.

Ia menambahkan, rasa syukur bisa dibilang memiliki kekuatan dahsyat untuk membuat hati lebih tenang. Rasa menerima diri dapat membuat orang lebih legowo ketika sedang mendapat masalah.

“ Untuk memulainya, cobalah kamu mulai menulis 3 hal kecil yang kamu syukuri setiap hari di buku catatan,” tutupnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Olahraga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.