Sukses

Mainan Edukasi Anak yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah tentu bisa membuat Si Kecil dan Bunda mulai bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu ada aktivitas bermain baru dan menyegarkan. Di pasaran tentu banyak sekali mainan edukasi anak yang bisa ditemukan.

Jika tidak memungkinkan keluar rumah dan membeli mainan baru, Bunda bisa mencoba membuat sendiri mainan si Kecil dari benda-benda maupun aksesoris mainan yang lain. Penasaran dengan permainan edukasi anak yang bisa dibuat sendiri? Yuk, cek beberapa daftar mainan buatan sendiri di bawah ini seperti dikutip dari laman montessorinature.com

1. Mencuci mainan

Tak cukup hanya mengajak anak merapikan atau menata mainan, Bunda bisa mengajak anak untuk mencuci mainan supaya benar-benar bersih dan bebas kuman. Gunakan bahan dan perlengkapan yang aman digunakan oleh anak. 

Anak-anak usia dini biasanya sangat rajin mengikuti serangkaian langkah, seperti mengisi toples dengan air, menambahkan sabun, menggosok mainan dengan sikat, mengeringkan mainan dan menuangkan air.

2 dari 4 halaman

2. Mentransfer Benda

Memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain dapat memperkuat jari-jari dan mengembangkan motorik anak. Bunda bisa pakai peralatan sederhana yang ada di dapur atau menggunakan mainan yang sudah ada untuk disusun dan dipindahkan ke tempat yang lain.

3. Perkenalkan Peralatan Kantor

Memperkenalkan peralatan kantor yang berbeda, seperti selotip dan pelubang kertas sangat bagus untuk mempelajari keterampilan baru, sekaligus mendorong anak-anak untuk melatih ketekunan mereka.

3 dari 4 halaman

4. Daur Ulang

Mendaur ulang kartu hadiah yang lama dan mengubahkan menjadi sesuatu yang menarik dan bisa dipajang. Menyambut batang-batang pohon dengan kawat kecil dan mengubahnya menjadi karya seni yang unik Selain mengasah kreativitas, hal ini bertujuan untuk mengajarkan si Kecil untuk mencintai lingkungan sedari dini.

5. Bermain Matematika

Belajar matematika dengan kertas baru, menggunakan bebatuan kecil yang biasa dipakai untuk hiasan atau dekorasi akuarium. Bunda bisa berikan pertanyaan untuk memainkan kartu-kartu tersebut.

Contoh sederhana yang bisa Bunda ajukan, “Nia mengadakan pesta ulang tahun. Nia mengundang Dani dan Toni. Dani membawa 6 balon dan Toni membawa 4 balon. Berapa jumlah balon yang terkumpul dari kedua anak tersebut?

4 dari 4 halaman

6. Menyusun Gambar dan Kata

Bunda tidak perlu membeli puzzle sebab mainan ini bisa dibikin sendiri dengan cara dicetak lalu dipotong-potong sesuai keinginan.Potong-potong gambar dan tulisan lalu berikan secara acak. Minta si Kecil untuk cocokan antara gambar dan namanya. Hasilnya nanti bisa ditempel di dinding agar si Kecil bisa melihat hasil karyanya

7. Balapan di Track Kreasi Si Kecil

Jika si Kecil sudah bosan memainkan mobil-mobilannya, coba ajak dia untuk membuat track atau jalanan dari kardus bekas. Si Kecil juga bisa berimajinasi dengan menambahkan beragam aksesoris mainan lainnya seperti balok atau truk. Seluruh mainan ini bisa digunakan untuk membangun imajinasi si Kecil dengan membuat sebuah kota.

Nah, itu tadi beberapa daftar mainan edukasi anak di rumah yang bisa Bunda coba sendiri di rumah. Optimalkan perkembangan si Kecil dengan stimulasi mainan edukasi dan lengkapi juga nutrisi anak dengan mengonsumsi susu yang memiliki kombinasi ActiDuoBio+ serta keseimbangan LCPUFA (Omega 3 dan Omega 6) yang dapat mengoptimalkan maturasi sistem imun, regulasi sistem imun dan respon imun tubuh terhadap stimulus.

Selamat mencoba dan berkarya bersama anak selama di rumah aja.

 

(*)