Sukses

Perempuan Lebih Patuh Protokol Kesehatan dari Laki-laki

Liputan6.com, Jakarta Data yang dihimpun Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memaparkan, perempuan lebih patuh menerapkan protokol kesehatan daripada laki-laki. Hasil ini merupakan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) April 2020 dan Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan Juli 2020.

Rincian tingkat kepatuhan penerapan protokol kesehatan berdasarkan jenis kelamin, sebagai berikut:

1. Jaga Jarak: 77 persen perempuan, 67 persen laki-laki

2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir: 85 persen perempuan, 76 persen laki-laki

3. Penggunaan masker: 89 persen perempuan, 77 persen laki-laki

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sonny Harry B Harmadi mengungkapkan, alasan perempuan lebih mematuhi protokol kesehatan.

"Karena perempuan ini juga kan dari para ibu. Ibu biasanya menjadi teladan bagi anak dan keluarganya," ungkap Sonny saat dialog Sosialisasi Perubahan Perilaku, ditulis Senin (5/10/2020).

"Ternyata secara konsisten, kepatuhan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Baik hasil survei yang dilakukan pada April dan Juli 2020."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Cenderung Lebih Waspada

Sonny menambahkan, perempuan cenderung lebih waspada. Rasa lebih peduli juga menjadi pemikiran matang perempuan.

"Memang perempuan itu sebagai bagian dari keluarga, mereka cenderung lebih waspada. Kemudian lebih peduli. Ini menjadi kata kuncinya (patuh terhadap protokol kesehatan)," tambahnya.

"Sehingga tahu bahwa kalau mereka tidak peduli, maka mereka bisa menulari orang-orang terdekatnya."

Lebih lanjut, Sonny mengingatkan, penularan COVID-19 diwaspadai dari orang-orang terdekat. Apalagi orang-orang terdekat yang tidak menerapkan protokol kesehatan tatkala beraktivitas di luar. Risiko penularan virus ketika dia pulang ke rumah bisa terjadi.

"Perlu diingat, penularan COVID-19 tidak dilakukan oleh orang-orang jauh, melainkan orang-orang dekat yang ada di sekitar kita, terutama keluarga. Jadi, selalu Ingat Pesan Ibu dengan menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: