Sukses

Cegah Klaster COVID-19 di Keluarga, Menteri PPPA: Bersihkan Diri Usai Keluar Rumah

Menteri PPPA memberikan beberapa saran agar tidak terjadi klaster COVID-19 dalam keluarga

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga meminta agar masyarakat yang usai berkegiatan di luar rumah untuk membersihkan diri terlebih dahulu saat pulang ke rumah demi mencegah terjadinya penularan COVID-19 dalam keluarga.

Hal ini disampaikan Bintang dalam dialog bersama dokter Reisa Broto Asmoro dari Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat pekan ini. Ia mengatakan, hal tersebut jadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya klaster COVID-19 dalam keluarga.

Di kesempatan tersebut, Bintang memberikan pesan kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Masker ini tidak hanya kita lakukan di luar, di dalam rumah pun harus kita lakukan apalagi ketika ada di keluarga kita kelompok rentan seperti balita demikian juga lansia," kata Bintang, dikutip dari saluran Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (27/9/2020).

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Diri Usai Tiba di Rumah

Bintang juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Ia meminta agar kegiatan-kegiatan yang sebelumnya mengumpulkan banyak orang secara tatap muka, bisa dilakukan lewat metode daring.

"Jaga jarak ini penting, di awal juga saya sampaikan, saya ingatkan, kalau untuk hal-hal yang tidak begitu penting mari kita hindari pertemuan offline yang secara mendatangkan banyak orang, marilah kita lakukan secara daring," ujarnya.

"Bagi ayah, ibu, kemudian anggota keluarga yang keluar rumah, setiap pulang dari luar sampai di rumah jangan langsung melaksanakan aktivitas dengan keluarga."

Bintang mengatakan, setelah tiba di rumah, segeralah membersihkan diri dengan mandi dan mengganti baju untuk kemudian bisa melanjutkan aktivitas bersama dengan keluarga.

"Inilah yang perlu kita bergerak bersama-sama untuk mencegah klaster di dalam keluarga ini."

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Mudah Pahami Penyebaran Corona Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.