Sukses

Psikolog: Anak yang Sehat Mental Mampu Beradaptasi dengan Tantangan Kehidupan

Selain mampu beradaptasi dengan lingkungannya, anak yang sehat secara mental juga mampu bangkit dari keadaan yang sulit

Liputan6.com, Jakarta Psikolog Annelia Sari Sani mengatakan bahwa penting bagi orangtua untuk menjaga kesehatan mental anak. Salah satunya adalah agar mereka mampu beradaptasi dengan tantangan yang ada di sekitarnya.

Dalam sebuah seminar daring beberapa waktu lalu, ditulis Senin (27/7/2020), Annelia mengatakan bahwa anak yang memiliki kesehatan mental yang baik akan memiliki beberapa karakter positif.

"Dia akan dapat beradaptasi dengan berbagai keadaan, dengan tantangan kehidupan kita yang bermacam-macam ini, maka kemampuan adaptasi ini adalah suatu hal yang sangat penting," kata Annelia.

"Kalau anak-anak kita tidak bisa beradaptasi, bagaimana ke depannya?"

Selain itu, anak yang sehat secara mental juga mampu menghadapi stres dengan baik, dapat menjaga hubungannya dengan orang lain dengan baik, serta bisa bangkit dari keadaan yang sulit.

"Seperti bola, kalau dia jatuh dia akan membal kembali. Kalau dalam bahasa psikologi kita menyebutnya resiliensi, daya tahan atau ketangguhan."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Menjalin Relasi

Annelia menyebut bahwa apabila masalah kesehatan mental terjadi di masa kanak-kanak tidak diatasi hingga akhirnya membesar, hal ini bisa berlanjut ke aspek yang lain dalam kehidupannya.

"Jadi kalau tidak teratasi pada masa anak dan berlanjut gangguannya sampai pada dewasa, maka kemungkinan untuk kesembuhan atau perbaikan akan lebih kecil dibandingkan kalau terjadinya di masa dewasa," ujarnya.

Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk lebih mendekatkan diri dengan anak dan menjalin relasi yang baik dengannya.

"Di Indonesia, sejumlah penelitian mengatakan bahwa ketangguhan seorang anak itu dibentuk dengan memperbaiki relasi antara orangtua, anak, dan keluarganya," kata Annelia.

"Jadi yang bisa kita lakukan adalah sebagai orang yang lebih dewasa dari anak-anak, kita harus menjalin relasi yang bagus dengan anak-anak. Mendengarkan anak, melihat masalah dari sudut pandang dia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.