Sukses

17 Orang Positif COVID-19 dari Klaster Secapa AD Bandung Dirawat di RS

Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung Jawa Barat menjadi klaster COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung Jawa Barat menjadi klaster COVID-19. Dari penyelidikan epidemiologi didapatkan secara keseluruhan ada 1.262 orang positif COVID-19 dari klaster ini.

"Terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih di sana," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta pada Kamis (9/7/2020).

Dari 1.262 orang ada 17 yang dirawat dan diisolasi mandiri karena memiliki keluhan skala ringan. Keluhan yang paling banyak adalah demam dan pernapasan seperti batuk dan agak sesak.

"Sisanya, 1.245 orang tanpa keluhan apapun," kata Yuri.

Sebanyak 1.245 orang tersebut kini tengah melakukan karantina. Dilarang ada pergerakan masuk maupun keluar dari kompleks karantina.

"Pengawasan ketat dilakukan oleh unsur kesehatan dari Kodam 3 Siliwangi yang memantau sepanjang hari," kata Yuri.

Seluruh peserta yang dikarantina pun dalam keadaan baik. Yuri menegaskan bahwa pelaksanaan karantina COVID-19 dilakukan secara profesional berstandar internasional. Sehingga masyarakat tidak perlu panik. 

Simak Juga Video Menarik Berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.