Sukses

Atalia Ridwan Kamil : Kebiasaan Membaca Dimulai Sejak Kecil, Bukan Bawaan Lahir

Liputan6.com, Jawa Barat - Bunda Literasi Jawa Barat (Jabar) Atalia Ridwan Kamil mengatakan, kebiasaan membaca pada anak muncul karena kebiasaan membaca sejak dini dalam keluarga.

Menurut Atalia, jika terbiasa membaca sejak dini maka anak-anak dinilai mampu membuat learning society atau masyarakat pembelajar hingga dewasa.

“Kebiasaan membaca itu dimulai sejak kecil, bukan bawaan lahir. Kebiasaan baik itu dicontohkan oleh orang tua di rumah, sehingga di rumah pun ada baiknya selalu menyediakan buku-buku bacaan,” kata Atalia dalam keterangan resminya dii Bandung, Sabtu, 4 Juli 2020.

 

Simak Video Menarik berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Terbiasa Membaca Sejak Kecil

Atalia menjelaskan anak-anak yang biasa membaca sejak kecil, cenderung akan membuat learning society sendiri menjadi kebiasaan belajar membaca di rumah. Atalia menambahkan, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota di Jabar sudah menggulirkan berbagai program untuk mendekatkan buku kepada masyarakat.

Antara lain memberdayakan perpustakaan desa, perpustakaan sekolah-sekolah, hingga program Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar yakni Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) dan Candil (Maca Dina Digital Library). Atalia menyebutkan, program-program tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses buku di lingkungannya, termasuk di masa pandemi COVID-19, masyarakat dapat memanfaatkan buku dengan memanfaatkan Candil.

“Saya kira yang paling penting adalah masyarakat bisa mengakses (buku) di mana pun, maka kita serbu di semua lini (dengan program) mulai dari keluarga, di Puskesmas, di sekolah, di desa, hingga melalui Kolecer. Saya kira jika itu dilakukan simultan secara bersama-sama, orang tidak akan kesulitan untuk mendapatkan buku,” ungkap Atalia.

Termasuk jelas Atalia, ketika tempat tinggal masyarakat jaraknya jauh dari akses buku terdekat atau harus tinggal di rumah karena pandemi. Harapan Atalia semua bisa dilakukan, yang terpenting adalah membiasakan dulu di rumah agar anak-anak gemar membaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.