Sukses

Penyebab Payudara Gatal di Area Berbeda-beda

Sebenarnya apa yang membuat payudara gatal?

Liputan6.com, Jakarta Payudara terasa gatal itu sangat umum terjadi. Namun, ada banyak alasan seseorang berjuang melawan keinginan untuk menggaruknya. Sebenarnya apa yang membuat payudara gatal?

Dr Clare Morrison, GP, Penasihat Medis di Medexpress dan Dr Zoya Diwan, Direktur Medis dan Pendiri Trikwan menjelaskan tentang payudara gatal dan apakah ada alasan untuk khawatir.

"Sangat umum apabila payudara gatal, karena kulit di sini sensitif, dan payudara terpapar berbagai pemicu potensial," kata Morrison seperti dikutip Glamour Magazine.

"Ini termasuk keringat, gesekan, perubahan hormon, dan masalah yang berhubungan bra."

Untuk area gatal yang berbeda menunjukkan penyebab yang berbeda. Misalnya pada puting susu, di sela payudara, di bawah atau di jaringan payudara. Morrison mengatakan, payudara seperti bagian tubuh lainnya. Kulit payudara bisa mengalami gangguan kulit seperti kekeringan, eksim (juga dikenal sebagai dermatitis), psoriasis, alergi, gigitan serangga, dan infeksi.

Gatal pada bagian payudara dan dada bagian atas, kata Morrison, dapat disebabkan sengatan matahari, dan alergi matahari. Gatal pada puting susu sering disebabkan oleh gesekan, misalnya diperburuk dengan berlari.

"Juga umum jika bra menyebabkan iritasi, karena tidak terpasang dengan baik, atau terbuat dari bahan sintetis,” kata Morrison.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Lain Payudara Gatal

Menurut Morrison, menyusui juga berpengaruh pada puting, karena kelembapan, gesekan, dan kadang-kadang infeksi. Gatal pada payudara biasanya juga disebabkan panas berlebihan dan berkeringat.

"Ini dapat menyebabkan ruam keringat, jerawat, dan (dalam kasus yang lebih ekstrim) infeksi ragi," kata Morrison.

Olahraga yang menyebabkan lebih banyak keringat dan lembap, bisa membuat kulit teriritasi. Kelembapan yang terperangkap dapat mendorong infeksi kulit, yang bisa berupa bakteri atau jamur. Pastikan Anda memilih pakaian dalam dan pakaian yang bernapas jika Anda lebih rentan berkeringat.

Apabila Anda merasa gatal di seluruh tubuh, ini kemungkinan disebabkan iritasi eksternal seperti sabun cuci bubuk atau produk untuk mandi. Jika demikian, Anda cenderung mengalami gatal-gatal di kedua payudara. Sementara gatal di bawah, di antara, atau di payudara Anda tanpa ruam dapat disebabkan oleh pertumbuhan payudara.

"Cuaca kering juga dapat menyebabkan gatal di seluruh tubuh Anda, termasuk di payudara dan puting," tambah Diwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini