Sukses

123 Petugas Kesehatan di Jabar Terpapar COVID-19, Sebagian Besar Telah Dinyatakan Sembuh

Pemerintah Jawa Barat menyatakan sebanyak 123 petugas kesehatan di provinsi tersebut terpapar COVID-19 selama menangani penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sebagian besar telah dinyatakan sembuh usai dilakukan dua kali tes swab.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Jawa Barat menyatakan sebanyak 123 petugas kesehatan di provinsi tersebut terpapar COVID-19 selama menangani penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sebagian besar telah dinyatakan sembuh usai dilakukan dua kali tes swab.

Menurut Wakil Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti, namun dalam hasil tes masif yang dilakukan terakhir oleh pemerintah ditemukan kasus terkonfirmasi baru yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Termasuk untuk petugas kesehatan yang ada di Puskesmas.

“Langsung kita lakukan isolasi mandiri di BPSDM jadi sudah dilakukan (perawatan). Karena mungkin ada juga yang bertanya kenapa fasilitas kesehatannya tidak ditutup? Karena yang terkena itu hanya beberapa orang ya, tidak sampai setengahnya dan itu pun diduga tertularnya bukan di tempat tersebut. Mungkin di tempat lain karena petugas yang lainnya negatif semuanya,” kata Berli dalam keterangan resminya ditulis Selasa, 9 Juni 2020.

Berli mengatakan pelayanan bagi masyarakat tetap beroperasi di instalasi kesehatan tersebut. Berli mengaku tidak ada alasan untuk menghentikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hanya karena petugasnya terpapar COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan Dilakukan Lebih Ketat

Pelayanan kesehatan itu, ucap Berli, dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan yang berlaku saat pandemi COVID-19. Tetapi kini dilakukan secara lebih ketat lagi. 

“Karena tadi itu, sudah ditemukan adanya petugas (kesehatan) yang terpapar atau terinfeksi COVID-19,” ujar Berli.

Sebelumnya Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita mengatakan, otoritasnya telah melakukan tes swab kepada 1.046 pegawai di 30 puskesmas. Sebanyak 27 orang diantaranya dinyatakan positif COVID-19. 

Mereka terdiri dari tenaga kesehatan dan pegawai lain termasuk satpam. Hasil tersebut dari tes yang dilakukan selama dua pekan terakhir.

“Mereka tidak semua terpapar di tempat kerja, ada juga yang di lingkungan rumahnya. Kebetulan ada satpam yang tetangganya positif COVID-19, 'confirmed',” ungkap Rita dalam keterangan resminya. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini