Sukses

New Normal Sekolah, Kementerian PPPA: Anak Harus Tetap Dikawal

Bersiap masuk sekolah di era New Normal, Kementerian PPPA menyarankan, pengawalan terhadap anak itu penting.

Liputan6.com, Jakarta Masuk sekolah di era new normal patut dipersiapkan juga oleh para orangtua. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pun menegaskan, pengawalan terhadap anak perlu dilakukan. 

"Terkait new normal sebetulnya kan yang kita khawatirkan ada potensi penularan COVID-19 terhadap anak-anak di sekolah. Di sini peran orangtua diperlukan," terang Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian PPPA, Ciput Eka Purwianti dalam sesi webinar, Kamis (28/5/2020).

"Sebagai orangtua tentunya mempersiapkan anak-anak untuk kembali ke sekolah. Saya pikir tetap harus dikawal."

Pengawalan yang dimaksud saat memasuki new normal di sekolah, yakni memberikan pengertian pada anak terhadap pentingnya menggunakan masker. Kemudian mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, terutama sebelum mereka menyentuh bagian wajah.

"Selain itu, bagaimana menjaga asupan nutrisi yang bagus buat anak-anak. Ini yang sangat penting untuk menjaga supaya imunitas anak-anak tinggi," lanjut Ciput.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Jaga Jarak

Orangtua juga perlu memberikan pengertian pada anak untuk menjaga jarak antar sesama teman. Hindari dulu untuk saling menyentuh dan berdekatan dengan teman. 

"Biasanya di sekolah, anak-anak pasti tergoda untuk bermain dengan teman-temannya. Apalagi sudah tiga bulan enggak ketemu. Dari hasil survei yang kami lakukan, hampir sebagian besar anak-anak kangen untuk kembali ke sekolah," Ciput menambahkan.

"Nah, berikan mereka pengertian bila berinteraksi dengan teman untuk tidak saling menyentuh dan tetap menjaga jarak."

Dalam hal ini, orangtua perlu menegaskan kepada anak bahwa virus SARS-CoV-2 tidak main-main dan belum ada obat atau vaksinnya hingga sekarang. Berperilaku hidup sehat, menggunakan masker, dan menjaga jarak dengan teman sebagai upaya terhindar dari paparan virus.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini